TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SISTEM PENDAPATAN SAMA RATA PEDAGANG MINUMAN FORPLES DI KAWASAN TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR

HANIK MAESAROH, NIM. 12380100 (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SISTEM PENDAPATAN SAMA RATA PEDAGANG MINUMAN FORPLES DI KAWASAN TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SISTEM PENDAPATAN SAMA RATA PEDAGANG MINUMAN FORPLES DI KAWASAN TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR)
12380100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK SISTEM PENDAPATAN SAMA RATA PEDAGANG MINUMAN FORPLES DI KAWASAN TAMAN WISATA CANDI BOROBUDUR)
12380100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul tinjauan hukum Islam terhadap praktik sistem pendapatan sama rata pedagang minuman Forples di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur. Latar belakang dalam penelitian ini disebabkan adanya beberapa persoalan yang secara praktik pembagian pendapatannya perlu untuk dikaji secara serius berdasarkan hukum Islam. Alasan mengapa penyusun memilih penelitian pada pedagang minuman Forples dikarenakan terjadi ketidakwajaran pembagian pendapatan yang dibagi sama rata oleh koordinator. Koordinator kurang memperhatikan nilai keadilan yang dirasakan oleh para pedagang minuman Forples. Dengan alasan tersebut, maka pokok masalah dalam penelitian ini adalah meneliti bagaimana praktik pembagian pendapatan yang dilakukan koordinator pedagang minuman Forples terhadap pedagang minuman Forples dan bagaimana pandangan hukum Islam mengenai praktik pembagian pendapatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan normatif, yaitu penyusun membahas praktik pembagian pendapatan berdasarkan pandangan Islam. Sifat dari penelitian ini adalah diskriptif analisis, yaitu memaparkan data-data dan informasi tentang masalah praktik pembagian pendapatan sama rata yang akan diterima pedagang minuman Forples secara sistematis dan menganalisisnya dalam perspektif hukum Islam. Data-data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen-dokumen terkait yang kemudian dianalisis secara kualitatif, yaitu analisis berdasarkan data- data yang diperoleh selanjutnya dipilah-pilah dan dianalis menggunakan metode induksi untuk memperoleh kesimpulan tentang praktik pembagian pendapatan sama rata pedagang minuman Forples di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembagian pendapatan sama rata pedagang minuman Forples oleh koordinator jika dilihat dari akad ةكرشلاو oراجاا عم عيoلا (jual beli beserta sewa menyewa dan syirkah) dan banyak sedikitnya minuman yang dapat dijual masih memuat asas keadilan, karena para pedagang minuman Forples tersebut bekerja bukan atas nama pribadi melainkan sebagai bagian dari asosiasi. Tetapi, jika praktik pembagian pendapatan dilihat dari tingkat kerajinannya, maka pembagian pendapatan tersebut belum menjalankan ketentuan-ketentuan hukum Islam secara keseluruhan. Kerelaan dalam pembagian pendapatan mengandung keterpaksaan. Untuk dapat berjualan di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, para pedagang terpaksa masuk dalam asosiasi dan diwajibkan menggunakan model pembagian pendapatan sama rata yang sudah ditentukan. Selain itu, asas keadilan dan asas ‘adamul garar oleh pihak koordinator juga kurang diperhatikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. MOH. TOMTOWI, M. Ag.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:31
Last Modified: 20 Apr 2016 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20294

Actions (login required)

View Item View Item