MOTIVASI JAMA’AH DALAM MENGIKUTI MAJELIS MUJAHADAH AL ASMAUL HUSNA DI DESA TAMBAKMULYA KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN

SHOIMATUL KHUMAIROH, NIM. 12540077 (2016) MOTIVASI JAMA’AH DALAM MENGIKUTI MAJELIS MUJAHADAH AL ASMAUL HUSNA DI DESA TAMBAKMULYA KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI JAMA’AH DALAM MENGIKUTI MAJELIS MUJAHADAH AL ASMAUL HUSNA DI DESA TAMBAKMULYA KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN)
12540077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI JAMA’AH DALAM MENGIKUTI MAJELIS MUJAHADAH AL ASMAUL HUSNA DI DESA TAMBAKMULYA KECAMATAN PURING KABUPATEN KEBUMEN)
12540077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (753kB)

Abstract

Mujahadah Al Asmaul Husna merupakan kegiatan mujahadah yang dilakukan secara rutin pada malam Jum’at Kliwon. Jama’ahnya berasal dari daerah yang berbeda-beda, mulai dari masyarakat setempat sampai masyarakat pendatang dari daerah lain, seperti Yogyakarta, Solo, Cilacap, Banyumas, dan lain sebagainya. Dilihat dari segi jama’ah yang mengikuti kegiatan mujahadah, terdapat beberapa jama’ah yang berasal dari kelompok yang berbeda-beda, seperti NU, Muhammadiyah, Kejawen maupun masyarakat biasa. Penulis tertarik mengkaji masalah motivasi Mujahadah Al Asmaul Husna karena dalam Mujahadah Al Asmaul Husna terdapat beberapa ormas keagamaan, namun mereka mampu berbaur dalam satu kegiatan, meskipun Ketua dari Mujahadah Al Asmaul Husna menggunakan pemikiran-pemikiran dari NU. Fokus pembahasan dalam skripsi ini yaitu terkait dalam dua hal yaitu pertama, bagaimana motivasi jama’ah dalam Mujahadah Al Asmaul Husna, dan yang kedua yaitu bagaimana upaya-upaya yang dilakukan untuk mempertahankan mujahadah tetap berlangsung. Penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan psikologi sosial, adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwasannya motivasi jama’ah mengikuti Mujahadah Al Asmaul Husna yaitu karena memiliki harapan atau keinginan untuk beribadah, berdo’a, menyambung tali silaturami, ingin memperoleh banyak teman, ingin sukses dalam hidup dan usaha serta ingin mempelajari sistem relasi bisnis dalam Mujahadah Al Asmaul Husna. Sedangkan upaya yang dilakukan supaya mujahadah tetap bertahan yaitu dengan adanya kerja sama dari pihak ketua mujahadah, ketua panitia maupun jama’ah mujahadah, mulai dari penyiapan tempat, kenyamanan bersama serta kebersamaan. Kata Kunci : Motivasi, Jama’ah Mujahadah, Upaya Pertahanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si.Psi.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Jama’ah Mujahadah, Upaya Pertahanan
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:15
Last Modified: 01 Jun 2016 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20299

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum