PERAN RELAWAN PUSAT LAYANAN DIFABEL TERHADAP KEMANDIRIAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

NENI ROSITA, NIM. 12540074 (2016) PERAN RELAWAN PUSAT LAYANAN DIFABEL TERHADAP KEMANDIRIAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN RELAWAN PUSAT LAYANAN DIFABEL TERHADAP KEMANDIRIAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12540074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN RELAWAN PUSAT LAYANAN DIFABEL TERHADAP KEMANDIRIAN DIFABEL UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12540074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (621kB)

Abstract

UIN Sunan Kalijaga merupakan kampus inklusi yang memberikan fasilitas terhadap mahasiswa difabel. Lembaga yang menaungi mahasiswa difabel di UIN Sunan Kalijaga yakni Pusat Layanan Difabel. Lembaga ini melayani kebutuhan mahasiswa difabel yang membutuhkan layanan, baik dalam pendampingan kuliah dan ujian. Sebagai mahasiswa difabel yang merupakan bagian dari masyarakat, berhak mendapatkan pendidikan hingga perguruan tinggi. Difabel dalam melakukan kegiatan diharapkan dapat mandiri. Namun tidak semua dapat dilakukan difabel tanpa bantuan orang lain. Maka adanya relawan yang menemani dalam pendampingan kuliah dan ujian serta mobilitas dalam mengakses sistem, memiliki peran dalam menjembatani difabel. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data yang Penulis gunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder yang diperoleh dari wawancara dan observasi di Pusat Layanan Difabel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dengan menggunakan pendekatan sosiologi. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Fungsionalisme struktural. Hasil penelitian, Peran relawan di Pusat Layananan Difabel terbagi menjadi dua yakni pendampingan kuliah pada difabel rungu dan pendampingan ujian difabel netra. Pendampingan diperlukan sebuah kecocokan antara difabel dan relawan. Kemandirian difabel terlihat pada saat dapat mengikuti perkuliahan dan memahami materi dengan belajar mandiri. Kemandirian difabel memiliki faktor internal yakni motivasi dan keinginan untuk dapat melakukan kegiatan dengan mandiri, sedangkan faktor eksternal yakni lingkungan keluarga dan tempat tinggal. Kata Kunci: Peran Relawan, Kemandirian, Difabel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurus sa’adah, S,Psi., M.Psi., Psi
Uncontrolled Keywords: Peran Relawan, Kemandirian, Difabel
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:35
Last Modified: 02 Jun 2016 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20301

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum