REALITAS KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM MASYARAKAT LOMBOK (Studi Fenomena Perempuan Muslim Lombok di Dusun Bengken, Desa Selebung Rembiga, Kec. Janapria, Kab. Lombok Tengah)

HALIMATUSSAKDIYAH, NIM. 12540057 (2016) REALITAS KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM MASYARAKAT LOMBOK (Studi Fenomena Perempuan Muslim Lombok di Dusun Bengken, Desa Selebung Rembiga, Kec. Janapria, Kab. Lombok Tengah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REALITAS KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM MASYARAKAT LOMBOK (Studi Fenomena Perempuan Muslim Lombok di Dusun Bengken, Desa Selebung Rembiga, Kec. Janapria, Kab. Lombok Tengah))
12540057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (REALITAS KONSTRUKSI PEREMPUAN DALAM MASYARAKAT LOMBOK (Studi Fenomena Perempuan Muslim Lombok di Dusun Bengken, Desa Selebung Rembiga, Kec. Janapria, Kab. Lombok Tengah))
12540057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (722kB)

Abstract

Budaya merupakan suatu hal yang melekat dalam diri manusia, diciptakan oleh manusia, dan dilaksanakan oleh manusia sesuai kesepakatan yang ada di masyarakat. Sebuah komunitas atau masyarakat di mana pun tempatnya, tentu tidak akan pernah terlepas dari budaya dan tradisi yang ada di wilayah tempat mereka tinggal. Di mana budaya tersebut, akan mengikat kehidupan masyarakat setempat. Sebagaimana di Dusun Bengken, Desa Selebung Rembiga, Kec. Janapria, Kab. Lombok Tengah, terdapat sebuah budaya yang memposisikan adanya perbedaan antara laki-laki dan perempuan baik dalam hal pendidikan, masyarakat, maupun keluarga. Penelitian ini memfokuskan pada konstruksi sosial perempuan dalam rumah tangga (domestik), bentuk-bentuk diskriminasi gender terhadap perempuan, dan faktor-faktor apa saja yang membentuk konstruksi pada perempuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Data primer yaitu hasil wawancara terhadap dua puluh tiga informan yang meliputi informan tokoh agama dua orang, tokoh masyarakat empat orang, ibu rumah tangga 10 orang, ketua RT satu orang, korban kekerasan dua orang dengan menggunakan teknik wawancara, dan yang lainnya adalah hasil wawancara dengan warga di Dusun Bengken. Data sekunder yaitu sumber-sumber lain yang mendukung penelitian, seperti skripsi, jurnal penelitian, dan buku-buku yang terkait. penelitian ini menggunakan teori gender dan akar diskriminasi. Data yang diperoleh dilapangan dikaji dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yaitu data yang sudah terkumpul dengan baik yang diperoleh dari wawancara, observasi maupun dokumentasi, yang kemudian disusun, dijelaskan dan dianalisis dengan argumentasi yang didiskripsikan dengan kata-kata dan kalimat secara jelas terkait konstruksi perempuan dalam rumah tangga (domestik). Hasil penelitian menemukan bahwa konstruksi sosial perempuan di Dusun Bengken terlihat dalam pembagian peran perempuan dan laki-laki dalam rumah tangga. Pendidikan bagi perempuan dianggap tidak terlalu penting. Perempuan harus pandai dalam mengurus rumah, dan perempuan dianggap tidak bisa menjaga diri. Budaya patriarkhi berpengaruh terhadap peran dan tanggung jawab laki-aki dan perempuan dalam rumah tangg. Dalam budaya patriarkhi, laki-laki menempati posisi lebih tinggi daripada perempuan. Akibatnya, perempuan ditempatkan pada posisi inferior dan terdiskriminasi. Bentuk-bentuk diskriminasi yang ditemukan adalah stereotip, subordinasi, kekerasan dan beban ganda terhadap perempuan. Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya diskriminasi terhadap perempuan tersebut adalah karena adanya budaya patriarkhi yang berkembang di masyarakat, struktur sosial masyarakat yang menempatkan perempuan sebagai kelompok kelas bawah, ketidakberdayaan perempuan (powerless), dan konstruk pemahaman agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag, M.Hum, M.A
Uncontrolled Keywords: Perempuan Lombok
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jun 2016 09:27
Last Modified: 07 Jun 2016 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20308

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum