STRATIFIKASI SOSIAL DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT ISLAM SASAK (Studi Pada Perkawinan Masyarakat Desa Sengkerang, Lombok Tengah)

SITI AMINAH, NIM:12540056 (2016) STRATIFIKASI SOSIAL DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT ISLAM SASAK (Studi Pada Perkawinan Masyarakat Desa Sengkerang, Lombok Tengah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATIFIKASI SOSIAL DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT ISLAM SASAK (Studi Pada Perkawinan Masyarakat Desa Sengkerang, Lombok Tengah))
12540056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATIFIKASI SOSIAL DALAM PERKAWINAN MASYARAKAT ISLAM SASAK (Studi Pada Perkawinan Masyarakat Desa Sengkerang, Lombok Tengah))
12540056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (969kB)

Abstract

Pernikahan merupakan perjanjian perikatan seorang laki-laki dan perempuan. Perjanjian yang dimaksud di sini bukan sembarangan perjanjian, seperti perjanjian jual beli atau sewa menyewa, tetapi perjanjian dalam nikah adalah perjanjian suci untuk membentuk keluarga antara seorang laki-laki dan perempuan suci. Dalam pernikahan juga diharuskan adanya mahar sebagai hadiah, atau pemberian pengantin laki-laki kepada pengantin perempuan, yang bentuk dan ukurannya disepakati bersama. Dalam Kompilasi Hukum Islam Pasal 30 dan 31 disebutkan bahwa: “Calon mempelai pria wajib membayar mahar kepada calon mempelai wanita yang jumlah, bentuk dan jenisnya disepakati oleh kedua belah pihak. “ Dan “Penentuan mahar berdasarkan asas kesederhanaan dan kemudahan yang dianjurkan oleh ajaran Islam.” Pernyataan dalam KHI ini menawarkan kepada masyarakat untuk memudahkan proses perkawinan dengan menawarkan kepada perempuan untuk meminta mahar yang sederhana. Tetapi kemudian jika dibenturkan dengan fenomena masyarakat yang mempunyai lapisan tertentu dan menjadikan mahar sebagai upaya untuk mempertahankan kehormatan dan kedudukan kelas yang telah ditempatinya, maka akan berubah konteks mahar menjadi daya jual perempuan berdasarkan kelas sosialnya. Karena pada kenyataannya di Desa Sengkerang, Lombok Tengah perempuan yang menempati kelas sosial tinggi memperoleh mahar yang tinggi dari pihak laki-laki. Penelitian lapangan ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah deskritif-analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer didapatkan dari hasil observasi dan wawancara kepada kepala dusun Balin Gagak di Desa Sengkerang, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta beberapa responden yang menikah dengan perbedaan kelas sosial. Sedangkan sumber data sekunder meliputi buku-buku yag terkait, dokumen, dan skripsi yang terkait. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, disply data, dan verifikasi data. Peneliti menggunakan teori kapitalis dan stratifikasi sosial fungsional sebagai kacamata dalam menganalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkawinan dalam masyarakat Islam Sasak ada tiga jenis yaitu: Homogami, hipogami dan hipergami, dan stratifikasi sosial dalam perkawinn masyarakat Islam Sasak muncul karena adanya kelas yang dihargai atau adanya kelas masyarakat yang lebih tinggi dan lebih rendah dengan melihat dari kekeluargaan, pendidikan, kekayaan dan kekuasaannya. Dari semua faktor tersebut, kekeluargaan merupakan faktor yang paling kuat dalam membentuk stratifikasi sosial. Maka semakin tinggi gelar kebangsawanannya maka semakin tinggi pula gelar atau panggilan terhadapnya. Seorang bangsawan dipanggil mamiq oleh anakanaknya, dan jajarkarang dipanggil amaq oleh anaknya, sedangkan anak bangsawan mendapat gelar di depan namanya seperti lalu, raden, denda dan anak dari jajarkarang tidak menyandang gelar apapun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Masroer S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Stratifikasi sosial, masyarakat Sasak, perkawinan
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:17
Last Modified: 01 Jun 2016 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20309

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum