SURVEY PERSEPSI SISWA MENGENAI VARIABEL YANG BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR QUR’AN HADITS DI MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

ISMA FAUZIYAH, NIM. 11470004 (2015) SURVEY PERSEPSI SISWA MENGENAI VARIABEL YANG BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR QUR’AN HADITS DI MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SURVEY PERSEPSI SISWA MENGENAI VARIABEL YANG BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR QUR’AN HADITS DI MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
11470004_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (SURVEY PERSEPSI SISWA MENGENAI VARIABEL YANG BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR QUR’AN HADITS DI MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
11470004_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Isma Fauziyah. Survey Persepsi Siswa Mengenai Variabel yang Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Qur’an Hadits di MAN Wonosari Gunungkidul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hasil belajar Qur’an Hadits siswa serta hubungan masing-masing variabel terhadap hasil belajar Qur’an Hadits. Variabel tersebut meliputi variabel pemahaman PAI sebelum masuk MAN, strategi pembelajaran, motivasi belajar dan evaluasi perkembangan belajar. Selain itu, untuk mengetahui seberapa besar kontribusi setiap variabel terhadap meningkatkan hasil belajar Qur’an Hadits siswa. Penelitian dilaksanakan di MAN Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta dengan sampel sebanyak 123 siswa kelas X dan XI. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling yang mengacu pada random table. Independen faktor dalam penelitian ini adalah pemahaman PAI sebelum masuk MAN (X1), strategi pembelajaran (X2), motivasi belajar (X3), dan evaluasi perkembangan belajar (X4). Sedangkan dependen faktornya adalah hasil belajar Qur’an Hadits (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sementara metode analisis dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif statistik untuk mengetahui distribusi frekuensi data, analisis korelasi bivariat untuk mengetahui ada tidaknya hubungan masing-masing variabel terhadap hasil belajar Qur’an Hadits, dan untuk mengetahui besarnya pengaruh dan kontribusinya digunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil perhitungan distribusi frekuensi menunjukkan bahwa hasil belajar Qur’an Hadits siswa di MAN Wonosari lebih dominan berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 83.7% (103 siswa). Dari hasil korelasi diketahui hanya 2 variabel yang berkorelasi secara signifikan yaitu variabel strategi pembelajaran dan motivasi belajar. Diperoleh angka signifikan variabel strategi pembelajaran sebesar 0.009 dan motivasi belajar sebesar 0.002 lebih kecil dari 0.05, sehingga ada hubungan yang signifikan antara variabel strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Qur’an Hadits. Pada variabel strategi pembelajaran diperoleh besar R Square yaitu 0.056, artinya bahwa kontribusi strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Qur’an Hadits sebesar 5.6%. Hasil regresi membuktikan dengan nilai β = 0.285 berarti ketika strategi pembelajaran tidak efektif berada pada kisaran 0.797. Sedangkan jika strategi pembelajaran pada kategori efektif mampu meningkatkan hasil belajar Qur’an Hadits sebesar 1.082 dengan selisih 0.285. Pada variabel motivasi belajar diperoleh besar R Square yaitu 0.075, artinya bahwa kontribusi motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar Qur’an Hadits siswa sebesar 7.5%. Hasil regresi membuktikan dengan nilai β = 0.246. Artinya motivasi belajar siswa rendah berada pada kisaran 0.807. Sedangkan jika motivasi belajar pada kategori tinggi mampu meningkatkan hasil belajar Qur’an Hadits sebesar 1.053 dengan selisih 0.246.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman PAI, Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Evaluasi Perkembangan Belajar, Hasil Belajar Qur’an Hadits
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Apr 2016 11:34
Last Modified: 21 Apr 2016 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20316

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum