PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR SEBAGAI MOTIVASI PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA

NUR LAELY MAFTUKHAH, NIM. 11470011 (2015) PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR SEBAGAI MOTIVASI PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR SEBAGAI MOTIVASI PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA)
11470011_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR SEBAGAI MOTIVASI PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA)
11470011_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nur Laely Maftukhah.Pengelolaan Lingkungan Belajar sebagai Motivasi Peserta didik di SDIT Luqman Al-Hakim Internasional Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sunan KaliJaga. 2014. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tantangan sekolah oleh teknologi pendidikan yang semakin pesat di era globalisasi, dan kurangnya kepedulian sekolah terhadap sistem pengelolaan lingkungan belajar yang menjadikan proses belajar tidak dapat terlaksana sesuai tujuan sekolah. Akibatnya, banyak peserta didik sering merasa jenuh dan bosan ketika proses belajar sedang berlangsung. Dalam menghadapi hal tersebut, sekolah harus mampu mengelola lingkungan belajar yang dapat memotivasi peserta didik. Salah satunya yaitu dengan menata dan mendesain lingkungan belajar yang menarik dan menyenangkan. Hal ini dilakukan sekolah agar peserta didik dapat semangat dan antusias dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan lingkungan belajar yang memotivasi peserta didik SDIT Luqman Al-Hakim Internasional Yogyakarta, yang meliputi: (1) mengetahui aspek- aspek yang dipertimbangkan sekolah untuk membentuk motivasi peserta didik ditinjau dari proses pengelolaan lingkungan belajar di SDIT Luqman AL-Hakim Internasional, (2) bagaimana strategi pengelolaan lingkungan belajar yang diterapkan SDIT Internasional Luqman Al Hakim untuk memotivasi peserta didik, (3) dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam mengelola lingkungan belajar di SDIT Internasional Luqman Al Hakim.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk menganalisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif melalui tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa (1) menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi peserta didik yaitu dengan menata lingkungan belajar. (2) aspekaspek yang diterapkan dalam sistem pengelolaan lingkungan belajar diantaranya: kurikulum sekolah, program sekolah, ekstrakurikuler dan sarana prasarana yang memadai. (3) strategi yang digunakan untuk memotivasi peserta didik diantaranya: morning motivation, game (permainan), pemaknaan dalam belajar, serta menghias kelas sesuai tema. (4) terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan lingkungan belajar. Faktor pendukung diantaranya: tersedianya fasilitas yang memadai, guru yang kreatif, kebijakan sekolah, serta peran orang tua dan lingkungan masyarakat yang mendukung. Faktor penghambat. Diantaranya, waktu belajar terbatas dan biaya seluruhnya hanya diambil dari SPP dan donatur jika ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muh. Qowim, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Tata Kelola, Motivasi, LingkunganBelajar
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Apr 2016 11:41
Last Modified: 21 Apr 2016 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20317

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum