PROBLEMATIKA PENERAPAN E-LEARNING DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

NURCHOLISOH, NIM. 09420037 (2016) PROBLEMATIKA PENERAPAN E-LEARNING DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENERAPAN E-LEARNING DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
09420037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENERAPAN E-LEARNING DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
09420037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (537kB)

Abstract

Nurcholisoh. Problematika Penerapan E-Learning di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegurun UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakults Ilmu Tarbiyah dan Kegurun UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi e-learning di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan mengetahui problem-problem yang dihadapi dalam penerapan e-learning, serta mengetahui dampak positif dan negatif diterapkannya e-learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data dan subyek penelitian ini meliputi: pengelola website e-learning UIN sunan Kalijaga, dosen serta mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Analisis data dilakukan melalui empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan e-learning di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta belum berjalan dengan optimal, akan tetapi dibandingkan dengan jurusan-jurusan lain Jurusan Pendidikan Bahasa Arab bisa dikatakan lebih maju, sebab Jurusan Pendidikan Bahasa Arab mempunyai ethos untuk pengembangan e-learning meskipun terdapat beberapa kendala.(2) Masalah yang dihadapi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam penerapan e-learning dintaranya: (a)Masalah kesiapan Infrastruktur yang terdiri dari komputer dan koneksi internet, serta belum optimalnya dukungan dari pimpinan institusi.(b)Masalah kesiapan dosen dalam menggunakan e-learning pada perkuliahan.(c)Masalah mahasiswa dan faktor budaya, misalnya belum terbentuknya budaya belajar mandiri dan kebiasaan untuk mengikuti perkuliahan dengan metode pembelajaran berbasis TI. (3) Dampak positif dan negatif diterapkannya e-learning di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta: (a)Dampak Positif: (i)Memudahkan interaksi antara dosen dengan mahasiswa yang tidak terbatas hanya di dalam kelas.(ii)Mahasiswa lebih mandiri. (b)Dampak Negatif: (i)Mahasiswa terbebani dengan biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti perkuliahan dengan menggunakan e-learning.(ii)Dengan penggunaan teknologi internet dalam proses pembelajaran membuat mahasiswa jauh dari buku. Kata Kunci: Problematika Penerapan, E-Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Zainal Arifin Ahmad, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Problematika Penerapan, E-Learning
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:39
Last Modified: 02 Jun 2016 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20336

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum