MURAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MORAL ISLAM BAGI MASYARAKAT DI KOTA YOGYAKARTA

MUHAMMAD IQBAL MAULANA NUGRAHA, NIM. 11470036 (2015) MURAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MORAL ISLAM BAGI MASYARAKAT DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MURAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MORAL ISLAM BAGI MASYARAKAT DI KOTA YOGYAKARTA)
11470036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MURAL SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MORAL ISLAM BAGI MASYARAKAT DI KOTA YOGYAKARTA)
11470036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan di era globalisasi yang berdampak pada kondisi sosial masyarakat terutama yang berkaitan dengan dekadensi moral. Sementara itu proses pendidikan sekarang masih kurang memaksimalkan inovasi dan kreatifitas guna merespon serta memecahkan permasalahan yang terjadi dalam ruang lingkup sosial masyarakat yang begitu kompleks. Untuk itu sebagai upaya menanggapi pelbagai permasalahan tersebut tentunya perlu suatu inovasi, gagasan, ide-ide kreatif yang mampu mendidik masyarakat terutama melalui media yang bisa diterima dan mudah diakses oleh semua kalangan masyarakat, salah satunya dengan karya mural. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengelolaan mural sebagai media pendidikan serta relevansinya dengan pendidikan moral Islam bagi masyarakat di kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa mural dapat dijadikan media pendidikan apabila konten isinya memuat nilai edukasi dan pesan-pesan moral. Dalam ruang lingkup masyarakat fungsi mural dapat di manfaatkan dalam kegiatan event, festival, peringatan hari-hari besar hingga program revitalisasi kampung yang diakomodir oleh masyarakat setempat. Sementara itu bila diletakkan dalam ruang lingkup pendidikan formal maka mural dapat diakomodasi oleh lembaga terkait dengan memanfaatkan keratifitas peserta didik sebagai aplikasi dari materi pelajaran atau digunakan sebagai event kompetisi. Karya mural yang ditemukan secara garis besarnya sesuai dengan tujuan pendidikan moral Islam yaitu mengingatkan, mengajarkan dan mengarahkan kepada kebaikan. Ditinjau dari aspek materi pendidikan moral Islam, dalam karya mural tersebut terdapat nilai-nilai pendidikan yang mengajarkan tentang kejujuran, kepedulian terhadap sesama manusia, mengajarkan tanggung jawab terhadap lingkungan serta mengajarkan untuk mencintai dan menjaga nilai-nilai kebudayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowim, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Mural, Media Pendidikan, Moral.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 21 Apr 2016 14:18
Last Modified: 21 Apr 2016 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum