POSISI KITAB TAFSIR ‘ARAIS AL-BAYAN FI HAQAIQ AL-QUR’AN KARYA RUZBIHAN BAQLI AL-SYIRAZI DALAM TAFSIR SUFI (KAJIAN KRITIS TERHADAP KONSEP KLASIFIKASI TAFSIR SUFI AL-DZAHABI)

SAIFUL, NIM. 12531138 (2016) POSISI KITAB TAFSIR ‘ARAIS AL-BAYAN FI HAQAIQ AL-QUR’AN KARYA RUZBIHAN BAQLI AL-SYIRAZI DALAM TAFSIR SUFI (KAJIAN KRITIS TERHADAP KONSEP KLASIFIKASI TAFSIR SUFI AL-DZAHABI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POSISI KITAB TAFSIR ‘ARAIS AL-BAYAN FI HAQAIQ AL-QUR’AN KARYA RUZBIHAN BAQLI AL-SYIRAZI DALAM TAFSIR SUFI (KAJIAN KRITIS TERHADAP KONSEP KLASIFIKASI TAFSIR SUFI AL-DZAHABI))
12531138_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (POSISI KITAB TAFSIR ‘ARAIS AL-BAYAN FI HAQAIQ AL-QUR’AN KARYA RUZBIHAN BAQLI AL-SYIRAZI DALAM TAFSIR SUFI (KAJIAN KRITIS TERHADAP KONSEP KLASIFIKASI TAFSIR SUFI AL-DZAHABI))
12531138_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Husain Al-Dzahabi (w. 1977 M) mengklasifikasikan penafsiran yang dilakukan oleh kaum sufi (tafsir sufi) ke dalam dua kategori: tafsir sufi nazari, yaitu penafsiran kaum sufi falsafi yang menjadikan Al-Qur’an sebatas alat legitimasi terhadap teori tasawuf mereka, dan tafsir sufi isyari atau alfaidli, yaitu penafsiran yang dilakukan kaum sufi ‘amali yang disebut sebagai arbab al-suluk. Lebih lanjut, Al-Dzahabi membuat daftar kitab sufi isyari yang di dalamnya termasuk kitab Tafsir ‘Arais al-Bayan fi Haqaiq al-Qur’an karya Ruzbihan Baqli Al-Syirazi (w. 606 H). Dalam pembacaan awal terhadap kitab ‘Arais al-Bayan, peneliti menemukan bahwa penafsiran sufistik Al-Syirazi tidak disertai dengan penafsiran secara zahir sama sekali. Beranjak dari masalah ini, peneliti tertarik untuk menguji kembali konsep klasifikasi tafsir sufi Al-Dzahabi dengan menjadikan kitab Arais al-Bayan sebagai contoh kasus. Secara garis besar, penelitian ini berusaha mengkaji efektifitas konsep klasifikasi tafsir sufi Al-Dzahabi dengan menelusuri fakta-fakta yang terdapat dalam kitab Arais al-Bayan, baik fakta metodologi penafsiran maupun fakta penafsiran itu sendiri. Fakta-fakta tersebut kemudian diharapkan dapat menjadi alasan dan bukti dalam mendukung atau menggugat konsep klasifikasi tafsir sufi Al-Dzahabi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif-analitis, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis. Metode ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau memaparkan secara rinci informasi yang telah didapat dari berbagai sumber data, kemudian informasi tersebut dianalisis dengan kritis dan sistematis dari segi pendekatan historis sehingga menghasilkan kesimpulan yang jelas, benar dan akurat. Dengan menggunakan metode dan pendekatan yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa kesimpulan. Pertama, penafsiran Al-Syirazi mempunyai relasi yang dekat dengan pemikiran-pemikiran tasawuf falsafi seperti dengan paham fana’ dan baqa’, ittihad Abu Yazid Al-Bustami dan paham hulul Husain bin Mansur Al-Hallaj. Dengan demikian, kitab Arais al-Bayan tidak tepat disebut sebagai isyari. Kedua, kitab Arais al-Bayan juga tidak bisa dikatakan nazari karena mempunyai hubungan yang erat dengan tasawuf sunni Al-Qusyairi dan Al- Tustari. Ketiga, konsep klasifikasi tafsir sufi Al-Dzahabi tidak efektif karena tidak mengakomodir analisis konteks historis dari sang sufi dan kaitannya dengan sejarah pasang-surut tasawuf dan tafsir sufi. Keempat, posisi kitab Arais al-Bayan dan Al-Syirazi dalam sejarah perkembangan tasawuf adalah setelah terjadi konsolidasi antara tasawuf falsafi dan tasawuf sunni terutama dengan kedatangan Al-Ghazali (w. 505 H), makanya, kitab tersebut di samping penafsirannya berhubungan dengan tasawuf falsafi-teoritis juga berkaitan dengan tasawuf sunni- ‘amali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Muhammad Mansur, M.Ag.
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 21 Apr 2016 11:20
Last Modified: 21 Apr 2016 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20352

Actions (login required)

View Item View Item