PERENCANAAN LAMA WAKTU ISTIRAHAT BERDASARKAN BEBAN KERJA DAN PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KELELAHAN (STUDI KASUS DI UKM PEMBUAT TAS UD. HARAPAN BARU)

MAYA SITA HOIRITUS SHOLIKHAH, NIM. 10660025 (2016) PERENCANAAN LAMA WAKTU ISTIRAHAT BERDASARKAN BEBAN KERJA DAN PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KELELAHAN (STUDI KASUS DI UKM PEMBUAT TAS UD. HARAPAN BARU). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN LAMA WAKTU ISTIRAHAT BERDASARKAN BEBAN KERJA DAN PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KELELAHAN (STUDI KASUS DI UKM PEMBUAT TAS UD. HARAPAN BARU))
10660025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN LAMA WAKTU ISTIRAHAT BERDASARKAN BEBAN KERJA DAN PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP KELELAHAN (STUDI KASUS DI UKM PEMBUAT TAS UD. HARAPAN BARU))
10660025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di UKM pembuatan berbagai macam tas dan aksesoris yaitu UD. Harapan Baru. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi beban kerja berdasarkan denyut nadi serta mengetahui waktu istirahat yang optimal dan pengeruh beban kerja terhadap kelelahan yang dialami oleh karyawan. Metode penelitian ini adalah pendekatan fisiologis menggunakan data pengukuran denyut nadi dan data fisik responden, dari data denyut nadi dan data fisik tersebut dapat dihitung %CVL, tingkat konsumsi energy, dan waktu istirahat yang optimal. Selain itu digunakan metode pengambilan data menggunakan kuesioner NASA-TLX dan SSRT yang masingmasing kuesioner tersebut digunakan untuk mengetahui tingkat beban kerja mental karyawan dan tingkat kelelahan karyawan. Responden pada penelititan ini adalah 13 karyawan dengan 8 orang karyawan laki-laki dan 5 orang karyawan perempuan. Hasil perhitungan diperoleh bahwa terdapat pekerja dengan %CVL tinggi yaitu 30.74% yang tergolong dalam kategori pekerjaan yang memerlukan perbaikan. Kemudian berdasarkan kuesioner NASA-TLX dapat diketahui bahawa terdapat 4 karyawan yang tergolong dalam beban kerja mental rendah dan 9 karyawan yang tergolong dlaam beban kerja mental sedang. Dari hasil perhitungan konsumsi energi dapat diketahui bahwa rata-rata lama waktu istirahat optimal adalah 82.70 menit dan perlu adanya penambahan waktu istirahat selama 22.70 menit. Dengan menggunakan uji chisuare test dapat diketahui bahwa beban kerja fisik memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kelelahan kerja yang dialami oleh karyawan UD. Harapan Baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Syaeful Arief, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Nadi Kerja, Beban Kerja Fisik, ,CVL, Waktu Istirahat, Beban Kerja Mental, Kelelahan, NASA-TLX, SSRT
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Apr 2016 10:22
Last Modified: 22 Apr 2016 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20374

Actions (login required)

View Item View Item