ANALISA EFISIENSI PADA LINI PROSES PENCETAKAN WAJAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEA (DATA ENVELOPMENT ANALYSIS) (STUDI KASUS PADA PT SP ALUMINIUM)

THAHIR ROZY NAI POS POS, NIM. 10660042 (2016) ANALISA EFISIENSI PADA LINI PROSES PENCETAKAN WAJAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEA (DATA ENVELOPMENT ANALYSIS) (STUDI KASUS PADA PT SP ALUMINIUM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISA EFISIENSI PADA LINI PROSES PENCETAKAN WAJAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEA (DATA ENVELOPMENT ANALYSIS) (STUDI KASUS PADA PT SP ALUMINIUM))
10660042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISA EFISIENSI PADA LINI PROSES PENCETAKAN WAJAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEA (DATA ENVELOPMENT ANALYSIS) (STUDI KASUS PADA PT SP ALUMINIUM))
10660042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Berbagai usaha dilakukan oleh setiap perusahaan untuk mencapai produktivitas yang maksimal pada sektor produksi. Namun terkadang perusahaan tidak memperhatikan tingkat efisiensi yang dimiliki oleh mesin pada proses produksi. Hal itu akan berdampak pada profit perusahaan apabila efisiensi yang dimiliki oleh mesin rendah karena perbandingan input dan outputnya. Peneliti yang melakukan penelitian pada PT SP Alumunium menemukan tingkat output produksi riil yang dihasilkan dari Mesin pencetak wajan dari waktu ke waktu mengalami grafik yang naik turun dan tidak beraturan. Mengingat setiap organisasi/perusahaan mempunyai level input yang bervariasi juga dan menghasilkan level output yang bervariasi, maka DEA (Data Envelopment Analysis) telah membuka kesempatan untuk menangani berbagai kasus yang tidak dapat didekati dengan metode lain karena sifat hubungan yang kompleks (terkadang tidak diketahui) antara banyak input dan banyak output yang terlibat tanpa perlu penjelasan ekslpisit mengenai hubungan fungsional input-output tersebut. Misalnya pada penelitian ini yang terdapat banyak output dan input. Dari data output olahan Software DEA yang didapatkan didapatkan bahwa tingkat efisiensi yang dimiliki oleh 3 DMU (Decision Making Unit) Mesin Pencetak Wajan dalam kurun waktu 17 bulan yaitu dengan total 51 data hanya didapat 16 Data yang mencapai lebih dari 0,5 efisiensi data dan hanya terdapat 1 data yang mencapai tingkat efisiensi sepenuhnya yaitu pada Mesin Pencetak Wajan Ukuran 14 pada Bulan Juli dan 35 bulan sisanya masih dalam tingkat efisiensi yang rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Syaeful Arief, M.T.
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, DEA (Data Envelopment Anlysis), DMU (Decision Making Unit)
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Apr 2016 03:25
Last Modified: 22 Apr 2016 03:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20376

Actions (login required)

View Item View Item