ANALISIS KEPUASAN PASIEN DAN KARYAWAN DENGAN METODE HUMAN SIGMA UNTUK PERENCANAAN STRATEGI RUMAH SAKIT (STUDI KASUS DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)

YENI IKA SEPTYANA, NIM. 11660025 (2016) ANALISIS KEPUASAN PASIEN DAN KARYAWAN DENGAN METODE HUMAN SIGMA UNTUK PERENCANAAN STRATEGI RUMAH SAKIT (STUDI KASUS DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEPUASAN PASIEN DAN KARYAWAN DENGAN METODE HUMAN SIGMA UNTUK PERENCANAAN STRATEGI RUMAH SAKIT (STUDI KASUS DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA))
11660025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEPUASAN PASIEN DAN KARYAWAN DENGAN METODE HUMAN SIGMA UNTUK PERENCANAAN STRATEGI RUMAH SAKIT (STUDI KASUS DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA))
11660025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pasien dan karyawan terhadap rumah sakit menjadi salah satu faktor yang penting karena dapat membentuk loyalitas karyawan terhadap rumah sakit dengan memberikan pelayanan terbaik untuk pasien yang akhirnya akan dapat membentuk loyalitas pasien terhadap rumah sakit itu sendiri. Rumah sakit PKU Muhammadiyah merupakan salah satu rumah sakit swasta di Yogyakarta yang selalu mengutamakan kepuasan pasien dan karyawan yang profesional dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pasien, yang mana pada periode april sampai September 2014 tingkat kepuasan pasien masih belum stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan karyawan dan pasien dengan human sigma serta perencanaan strategis dengan analisis SOAR (strength, opportunity, aspiration, result). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa nilai HS rumah sakit sebesar 37,90%, yang berada pada kuadran 2 dan human sigma 3. Artinya, rumah sakit PKU Muhammadiyah memiliki kinerja keuangan yang dapat dikatakan menengah atau rata-rata dan hanya salah satu dari subjek (dalam hal ini adalah karyawan) yang hubungannya terhadap rumah sakit bernilai optimal (partial optimized). Selain itu, diperoleh nilai kepuasan karyawan dan pasien yang sudah cukup tinggi yang ditunjukkan dengan nilai employee engagement (EE) sebesar 58%, dan nilai customer engagement (CE) sebesar 50%. Sedangkan, untuk perencanaan strategi berdasarkan analisis SOAR diperoleh sebanyak 9 strategi dari matriks SOAR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Siti Husna Ainu Syukri, M.T.
Uncontrolled Keywords: human sigma, SOAR
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 22 Apr 2016 03:45
Last Modified: 22 Apr 2016 03:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20383

Actions (login required)

View Item View Item