PEMETAAN KUALITAS LAYANAN JASA PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY

AZKIYATUL AMALIA, NIM. 11660045 (2016) PEMETAAN KUALITAS LAYANAN JASA PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMETAAN KUALITAS LAYANAN JASA PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY)
11660045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMETAAN KUALITAS LAYANAN JASA PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN CANVAS STRATEGY)
11660045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan jasa kurir logistik mengalami peningkatan 35% per tahun dalam lima tahun terakhir menambah ketat persaingan industri jasa pengiriman barang. Hal ini mengharuskan para penyedia jasa pengiriman barang bersaing untuk meningkatkan kualitas layanan yang dimiliki agar dapat sukses di pasaran. TIKI, JNE, POS Indonesia, Wahana Express, ESL, RPX, Pahala Express, PCP, TIKIndo, dan Pandu Logistics merupakan 10 jasa pengiriman barang yang banyak dipakai oleh konsumen berdasarkan hasil survey oleh forum Kaskus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan terhadap kualitas pelayanan jasa pengiriman barang menggunakan kanvas strategi, mengetahui pengelompokan berdasarkan kualitas pelayanan yang diberikan 10 jasa pengiriman barang pada pelanggannya berdasarkan analisis klaster, serta mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pengelompokan kualitas pelayanan jasa pengiriman barang berdasarkan analisis diskriminan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menggunakan kanvas strategi, diketahui bahwa perusahaan yang memiliki kualitas layanan paling baik adalah JNE, kedua TIKI, lalu POS, RPX, ESL, Wahana, PCP, Pandu Logistics, TIKIndo, dan yang terakhir yaitu Pahala Express. Analisis klaster menghasilkan pengelompokan kualitas layanan menjadi 2 klaster, dan 3 klaster. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menggunakan analisis diskriminan, didapatkan hasil faktor yang paling berpengaruh dalam pengelompokan kualitas pelayanan jasa pengiriman barang adalah atribut waktu sampai, atribut ketanggapan dalam menerima keluhan permasalahan, atribut asuransi dan ganti rugi, atribut lokasi, atribut fasilitas fisik pelayanan, dan representasi fisik pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Tutik Farihah, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Canvas Strategy, Analisis Klaster, Analisis Diskriminan
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2016 10:51
Last Modified: 22 Apr 2016 10:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20386

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum