TPA SEBAGAI WAHANA PENGEMBANGAN BAKAT SANTRI TPA DI MASJID JAMI’ AL-INAYAH KLITREN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA

MULYADI, NIM. 11470096 (2015) TPA SEBAGAI WAHANA PENGEMBANGAN BAKAT SANTRI TPA DI MASJID JAMI’ AL-INAYAH KLITREN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TPA SEBAGAI WAHANA PENGEMBANGAN BAKAT SANTRI TPA DI MASJID JAMI’ AL-INAYAH KLITREN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA)
11470096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TPA SEBAGAI WAHANA PENGEMBANGAN BAKAT SANTRI TPA DI MASJID JAMI’ AL-INAYAH KLITREN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA)
11470096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya santri-santri TPA untuk mengetahui bakatnya sejak dini, agar santri-santri nantinya mudah mengembangkan kemampuan bakat yang telah diketahuinya, baik bakat di bidang akademik, keterampilan, kesenian, olahraga, kemandirian, kedisiplinan, tanggungjawab dan sebagainya, sehingga pendidikan TPA memiliki peranan penting untuk melaksanakan pembinaan terhadap semua santriwan dan santriwtinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran yang diupayakan ustadz dan ustadzah dalam membina bakat santri TPA di Masjid Jami’ Al-Inayah Klitren Gondokusuman Yogyakarta, untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari pendidikan TPA masjid Jami’ Al Inayah serta untuk mengetahui hasil pendidikan yang dilaksanakan di TPA masjid Jami’ Al Inayah Klitren Gondokusuman Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran terhadap pengurus masjid, untuk memajukan pendidikan dimasjid Jami’ Al-Inayah dan dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di TPA Masjid Jami’ Al-Inayah Klitren Gondokusuman Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber utama penelitian ini adalah ustadz dan ustadzah sebagai pendidik dalam mengembangkan bakat santri TPA Masjid Jami’ Al-Inayah Klitren Gondokusuman Yogyakarta. Proses penyajian data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif, yaitu dengan cara analisa yang cenderung menggunakan kata-kata untuk mengungkap fakta, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menjelaskan data yang didapatkan. Hasil penelitian ini adalah bahwa sebagai upaya dalam pembinaan bakat santri-santri TPA masjid Jami’ Al-Inayah, dilaksanakannya pendidikan dengan model pembelajaran privat atau individual dan model pembelajaran klasikal dengan menerapkan metode pembelajaran BCM (Bermain Cerita dan Menyanyi) serta mengadakan program Sabtu Ceria yang melaksanakan kegiatan-kegiatan kerajinan tangan, seni, olahraga dan sebagainya, selain itu dapat mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari pendidikan TPA masjid Jami’ Al Inayah serta mengetahui hasil pendidikan yang dilaksanakan di TPA masjid Jami’ Al Inayah. Baik dalam bidang keterampilan agama Islam, keterampilan seni dan keterampilan olahraga yang dimiliki oleh santri-santri TPA masjid Jami’ Al Inayah Klitren Gondokusuman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto, MSI,
Uncontrolled Keywords: TPA, Pengembangan Bakat
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Apr 2016 14:01
Last Modified: 22 Apr 2016 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum