HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2015/2016

LUTHFINA FATIMAH HAPSARI, NIM. 10420095 (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2015/2016)
10420095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP PROSES BELAJAR BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2015/2016)
10420095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (693kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam proses belajar Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin antara lain siswa susah untuk konsentrasi dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, ketika guru masuk kelas para siswa meminta untuk tidak melakukan proses pembelajaran akan tetapi meminta untuk melakukan kegiatan lain seperti meminta guru untuk bercerita bahkan sesekali meminta guru untuk mengganti proses belajar dengan hiburan menonton film. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana persepsi siswa terhadap proses belajar Bahasa Arab, Bagaimana prestasi belajar Bahasa Arab siswa, adakah hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap proses belajar Bahasa Arab dengan prestasi belajar Bahasa Arab kelas VII SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul. Hubungan antar variabel tersebut dibuktikan dengan menggunakan metode statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul sebanyak 44 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 35 butir angket bahwa 23 butir angket yang terbukti valid. Sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan angket persepsi siswa terhadap proses belajar Bahasa Arab mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,880 dan dinyatakan reliabel, dan dokumen prestasi belajar Bahasa Arab menggunakan data hasil nilai murni Ujian Tengah Semester (UTS) siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa terhadap proses belajar Bahasa Arab kelas VII SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul dalam kategori sangat kurang baik. 2) Prestasi belajar Bahasa Arab kelas VII SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul dalam ketegori cukup atau sedang. 3) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap proses belajar Bahasa Arab siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul dengan koefisien korelasi sebesar -0,010 dengan signifikansi 0,950. hal ini berarti Ho diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab - Pendidikan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:36
Last Modified: 02 Jun 2016 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20393

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum