PEMBELAJARAN PENDIDIKAN NONFORMAL PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) REKSONEGARAN KLITREN LOR GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA

SHOHIFATUL ALIYAH, NIM. 11470128 (2015) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN NONFORMAL PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) REKSONEGARAN KLITREN LOR GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN NONFORMAL PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) REKSONEGARAN KLITREN LOR GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA)
11470128_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN NONFORMAL PAKET B DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) REKSONEGARAN KLITREN LOR GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA)
11470128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (719kB)

Abstract

Jalur pendidikan nonformal mempunyai kedudukan yang sama dengan pendidikan formal dalam memberikan layanan pendidikan kepada semua anak bangsa. Pendidikan Nonformal dan Informal juga memiliki peluang untuk memenuhi kebutuhan belajar masyarakat yang terus berkembang yang tidak dapat dipenuhi oleh pendidikan formal. Dalam Undang-undang tersebut juga disebutkan bahwa pendidikan nonformal berfungsi sebagai pelengkap, penambah, pengganti dan penunjang pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan nonformal paket B di PKBM Reksonegaran Yogyakarta dan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran pendidikan nonformal Paket B PKBM Reksonegaran Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif analitik melalui tiga tahap yaitu Data Reduction, Data display (Penyajian Data) dan Conclution drawing /verivication (menarik kesimpulan dan memverivikasi). Hasil penelitian menunjukkan Pelaksanaan proses pembelajaran meliputi: kegiatan tatap muka, kegiatan tutorial, dan kegiatan mandiri. Penilaian pembelajaran pendidikan nonformal Paket B PKBM Reksonegaran antara lain ada penilaian kognitif, afektif dan psikomotor. Terdapat 3 problem dalam proses pembelajaran pendidikan nonformal paket B Reksonegaran yaitu problem dari warga belajar, problem dari tutor dan problem dari sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Nur Rohmah, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan nonformal, Paket B
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Apr 2016 14:08
Last Modified: 22 Apr 2016 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20394

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum