PENERAPAN PEMBELAJARAN MAHĀRAH KALĀM DENGAN METODE LANGSUNG: STUDI KASUS DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015

DEVITA MAWARNI, NIM. 11420010 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN MAHĀRAH KALĀM DENGAN METODE LANGSUNG: STUDI KASUS DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN MAHĀRAH KALĀM DENGAN METODE LANGSUNG: STUDI KASUS DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015)
11420010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN MAHĀRAH KALĀM DENGAN METODE LANGSUNG: STUDI KASUS DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA TAHUN 2014/2015)
11420010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan metode langsung dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran bahasa Arab dengan metode langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), metode penelitiannya adalah penelitian kualitatif. Penulis datang langsung ke lapangan yaitu SMA IT Abu Bakar untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran bahasa Arab dengan metode langsung kelas X dan apa saja fakor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab dengan metode langsung. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) penerapan metode langsung di kelas X sudah efektif meskipun belum maksimal karena keadaan siswi yang heterogen menyebabkan adanya perbedaan kemampuan dan hasil evaluasi. Dalam penerapan metoe langsung Ustadah selalu berusaha untuk mengembangkan maharah kalam peserta didiknya untuk membiasakan mereka dalam berbicara menggunakan bahasa Arab 2) faktor penghambat dari metode langsung dikarenakan faktor lingkungan yang kurang menciptakan bi’ah lugowiyah dan alokasi waktu yag kurang, selain itu faktor pendukung dari metode langsung ialah kesiapan guru yang mencakup pandangan dan pemahaman guru terhadap pembelajaran bahasa Arab, latar belakang pendidikan guru dan pengalaman mengajar dan media 3) nilai hasil evaluasi pembelajaran kalam siswi kelas X sangat bagus, menunjukkan hasil rata-rata 8,84.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Adzfar Ammar, M.A.
Uncontrolled Keywords: maharah kalam, metode langsung
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Apr 2016 08:45
Last Modified: 25 Apr 2016 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20396

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum