METODE PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN KITAB AL-MUYASSAR FI ‘ILMI AN-NAHWI KELAS X A MA PESANTREN PERSIS 109 KUJANG CIAMIS TAHUN AJARAN 2015/2016

NENG ULFAH NURZAKIYAH, NIM. 11420037 (2016) METODE PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN KITAB AL-MUYASSAR FI ‘ILMI AN-NAHWI KELAS X A MA PESANTREN PERSIS 109 KUJANG CIAMIS TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN KITAB AL-MUYASSAR FI< ‘ILMI AN-NAH{WI KELAS X A MA PESANTREN PERSIS 109 KUJANG CIAMIS TAHUN AJARAN 2015/2016)
11420037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN KITAB AL-MUYASSAR FI< ‘ILMI AN-NAH{WI KELAS X A MA PESANTREN PERSIS 109 KUJANG CIAMIS TAHUN AJARAN 2015/2016)
11420037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pembelajaran nahwu dengan kitab Al-Muyassar Fī ‘Ilmi An-Nah}wi kelas X A MA Pesantren PERSIS 109 Kujang Ciamis dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penggunaan metode dalam pembelajaran tersebut. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan manfaat kepada semua pihak yang berkecimpung dalam pembelajaran nahwu umumnya, dan khususnya MA Pesantren PERSIS 109 Kujang Ciamis sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, interview (wawancara), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kitab/buku yang digunakan sebagai sumber belajar nahwu di kelas X A MA Pesantren PERSIS 109 Kujang Ciamis adalah kitab Al-Muyassar Fī ‘Ilmi An-Nah}wi. (2) Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran nahwu dengan kitab Al-Muyassar Fī ‘Ilmi An-Nah}wi adalah metode deduktif (qiyasi). Serta kombinasi dari beberapa metode yang digunakan dalam proses pembelajaran diantaranya paduan metode ceramah, metode tanya jawab, metode latihan (membuat contoh dengan mencari dalam al-Qur’an), dan penugasan/resitasi (3) Faktor pendukung dalam penggunaan metode pembelajaran nahwu dengan kitab Al-Muyassar Fi> ‘Ilmi An-Nah}wi yaitu: tersedianya kitab Al-Muyassar Fi ‘Ilmi An-Nah}wi dan cara belajar siswa, adanya guru yang kompeten dibidangnya, serta adanya motivasi dan minat siswa yang tinggi dalam mempelajari nahwu. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat diantaranya: belum adanya kurikulum pengajaran yang tersusun sesuai dengan Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP), fasilitas pembelajaran yang belum memadai, tingkat kemampuan siswa yang beragam, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan terbatasnya waktu pembelajaran. Kata Kunci: Metode, Pembelajaran Nahwu, Kitab Al-Muyassar Fi ‘Ilmi An-Nahwi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran Nahwu, Kitab Al-Muyassar Fi ‘Ilmi An-Nahwi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Apr 2016 08:44
Last Modified: 25 Apr 2016 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20401

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum