PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SAKA BHAYANGKARA DI POLRESTA YOGYAKARTA

MOH KHOIRUN NI’AM, NIM. 11470158 (2015) PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SAKA BHAYANGKARA DI POLRESTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SAKA BHAYANGKARA DI POLRESTA YOGYAKARTA)
11470158_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SAKA BHAYANGKARA DI POLRESTA YOGYAKARTA)
11470158_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (843kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengantisipasi supaya kenakalan remaja yang ada disebagian besar merupakan peserta didik bisa terminimalisir atau pun tidak terjadi lagi kasus kenakalan remaja. Salah satu faktor banyaknya kasus kenakalan remaja karena kualitas kedisiplinan dan tanggung jawab peserta didik belum terimplementasikan dengan baik. Kemudian dalam skripsi ini menjelasakan dengan melalui kegiatan ekstrakurikuler Saka Bhayangkara di Polresta Yogyakarata, harapannya adalah kegiatan ini mampu membentuk kepribadian peserta didik supaya memiliki dan tertanam sikap disiplin dan tanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data diambil dari beberapa informan yang memiliki pengetahuan dan memahami tentang kegiatan Saka Bhayangkara yaitu pembina Saka Bhayangkara di Polresta Yogyakarta (AKP H. Suryanto, S.Sos, Iptu Sri Astuti, Aiptu Jamar, Brigadir Surya Adi, SE) dan anggota Saka Bhayangkara (Ardi Prasetya, Septian Dwi Nugroho, Muhammad Fauzan, Nabila Dea Ammara). Kemudian proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Saka Bhayangkara dan proses penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik melalui kegiatan Saka Bhayangkara serta apa sajakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan Saka Bhayangkara di Polresta Yogyakarta? Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan atau melalui kegiatan ekstrakurikuler Saka Bhayangkara yang mana proses kegiatanya melatih peserta didik untuk mandiri, terampil disiplin dan tanggung jawab serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab dalam kegiatan Saka Bhayangkara berupa ketepatan, ketaatan, dan kepatuhan dalam menaati segala peratura berupa kesadaran untuk melaksanakan tugas dan kewajiban, baik itu tugas sebagai ketua regu, tugas individu maupun tugas kelompok. Dalam menjalankan proses, tentunya ada faktor pendukung dan penghambatnya. Faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan Saka Bhayangkara yaitu kegiatan kepramukaan dibimbing pembina pramuka yang professional dalam bidangnya baik dalam baris-berbaris, ahli tentang lalu lintas, olah TKP, Kamtibmas, pemadaman kebakaran, dan penganggulangan bencana, sarana dan prasarana yang cukup, dan memiliki sanggar bhakti di Mapolresta Yogyakarta. Faktor penghambatnya berupa kurangnya perhatian dari masingmasing kepala Sekolah, perbedaan masing-masing karakter dari peserta didik yang berlatar belakang sekolahan yang berbeda ditambah dengan kurangnya sumber dana sebagai penyokong setiap kegiatan Saka Bhayangkara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Na’imah, M.Hum,
Uncontrolled Keywords: Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab, Saka Bhayangkara.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Apr 2016 14:50
Last Modified: 22 Apr 2016 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20402

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum