PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA ARABKELAS VDI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FATTAH JUWANA PATI TAHUN AJARAN 2015/2016

NurSolikhin, NIM : 11420051 (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA ARABKELAS VDI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FATTAH JUWANA PATI TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA ARABKELAS VDI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FATTAH JUWANA PATI TAHUN AJARAN 2015/2016)
11420051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MINAT SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA ARABKELAS VDI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FATTAH JUWANA PATI TAHUN AJARAN 2015/2016)
11420051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seorang siswa jika menaruh perhatian terhadap pelajaran bahasa Arab, maka ia akan memusatkan perhatiannya lebih banyak daripada siswa lainnya. Karena pemusatan perhatian yang intensif terhadap materi yang ia minati, dapat memungkinkan siswa untuk belajar lebih giat, dan akhirnya mencapai prestasi yang diinginkan. Hal tersebutlah yang akan menjadi perhatian dalam penelitian ini. Bagaimana strategi pembelajaran dapat mempengaruhi minat pelajaran bahasa Arab, khususnya strategi pembelajaran interaktif, menjadi fokus pembahasan peneliti. Penelitian yang menggunakan metode penelitian kuantitatif di Madrasah Ibditidaiyah (MI) Al-Fattah Dukutalit Juwana Pati ini, ingin mengetahui minat siswa kelas V terhadap pelajaran bahasa Arab. Selain minat, penelitian ini juga ingin mengetahui pengaruh strategi pembelajaran interaktif terhadap minat siswa kelas V MI Al-Fattah Dukutalit Juwana Pati. Untuk mengetahui hal itu, penelitian ini menggunakan beberapa tahap, tahap pertama adalah analisis masalah, menyebar angket, analisis angket dan analisis lanjut yang mengukur seberapa signifikankah antara penerapan strategi pembelajaran interaktif terhadap minat siswa dalam pelajaran bahasa Arab kelas V MI Al-Fattah Dukutalit Juwana Pati. Hasil dari penelitian yang dilakukan di kelas V MI Al-Fattah, menunjukkan bahwa adanya hubungan antara strategi pembelajaran interaktif terhadap minat siswa kelas V MI Al-Fattah Dukutalit Juwana Pati. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tingkat penerapan strategi pembelajaran interaktif di kelas V MI Al-Fattah tahun ajaran 2015/2016 adalah sebesar 21,1 setelah dikonsultasikan tabel kategori maka interval 18-23,49, dan termasuk kategori baik. Sedangkan minat siswa dalam pelajaran bahasa Arab pada kelas V MI Al-Fattah tahun ajaran 2015/2016 adalah termasuk dalam kategori baik, mengingat minatnya sebesar 39 dan dikonsultasikan terhadap tabel kategori termasuk dalam interval 33-42,99. Dari hasil perhitungan analisis rxy menunjukkan adanya hubungan positif antara penerapan strategi pembelajaran interaktif terhadap minat siswa dalam pelajaran bahasa Arab kelas V MI Al-Fattah tahun ajaran 2015/2016. Hubungan positif tersebut ditunjukkan dengan hitungan sebesar 0,687 kemudian dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% diperoleh r tabel= 0,284 dan termasuk dalam kriteria 0,80-1,000 termasuk dalam kriteria sangat kuat. Sedangkan hasil perhitungan F reg dari distribusi F tabel dengan db pembilang 1 dan db penyebut 50 dengan taraf signifikan 5%=4,04 yang berarti F tabel lebih kecil dibanding F hitung = 681,01, maka ada pengaruh antara kedua variabel tersebut. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Interaktif, Minat Siswa, pelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin Ahamd, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Interaktif, Minat Siswa, pelajaran bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:38
Last Modified: 02 Jun 2016 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20403

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum