PENGARUH PEMBERIAN PRETEST DAN POSTTEST TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2015/2016

ABDUL KAHFI AMRULLOH, NIM. 12420001 (2016) PENGARUH PEMBERIAN PRETEST DAN POSTTEST TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBERIAN PRETEST DAN POSTTEST TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2015/2016)
12420001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBERIAN PRETEST DAN POSTTEST TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2015/2016)
12420001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dalam pemberian pretest dan posttest terhadap hasil belajar bahasa arab antara kelompok eksperimen (menggunakan treatment berupa pretest dan posttest) dengan kelompok kontrol ( tidak menggunakan treatment berupa pretest dan posttest) siswa kelas X MAN Yogyakarta I Tahun Ajaran 2015/2016 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Eksperimental Research) yaitu suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (kausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisikan faktor-faktor lain yang mengganggu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 61 siswa, yang terdiri dari kelas X MIA 2 yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas X IIS 2 yang dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 29 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan berupa analisis komparatif dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar bahasa arab antara kelas eksperimen (menggunakan soal pretest dan posttest) dengan kelompok kontrol ( tidak menggunakan soal pretest dan posttest). Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 13,48 dari nilai rata-rata tes awal 73,71 meningkat pada nilai tes akhir menjadi 87,19. Sedangkan pada kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 6,38 dari nilai rata-rata tes awal 73,28 meningkat pada nilai tes akhir sebesar 79,66. Dengan melihat perbedaan skor dari masing-masing kelompok tersebut, menunjukkan bahwa pengaruh pretest dan posttest sangat signifikan terhadap hasil belajar bahasa arab kelas X MAN Yogyakarta I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pre test, post test, bahasa Arab, pendidikan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:38
Last Modified: 02 Jun 2016 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20404

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum