STUDI KORELASI ANTARA PENGUASAAN MUFRADĀT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN, YOGYAKARTA

MIRA ZULISTIA, NIM : 12420030 (2016) STUDI KORELASI ANTARA PENGUASAAN MUFRADĀT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI ANTARA PENGUASAAN MUFRADĀT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN, YOGYAKARTA)
12420030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI ANTARA PENGUASAAN MUFRADĀT TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN, YOGYAKARTA)
12420030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (958kB)

Abstract

Mira Zulistia, Studi Korelasi Antara Penguasaan Mufradāt terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Hasyim Asy’ari Piyungan, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara penguasaan mufradāt dengan keterampilan membaca bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Piyungan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment yang kemudian diinterpretasikan dan diberikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes penguasaan mufradāt bahasa Arab siswa termasuk dalam kategori baik, yaitu sebesar 62,84. Sedangkan nilai rata-rata tes keterampilan membaca bahasa Arab termasuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 48,16. Kemudian dapat diketahui bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara penguasaan mufradāt dengan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,741. Sehingga hubungan ini termasuk dalam kategori kuat. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya penguasaan mufradāt. Semakin banyak mufradāt yang dikuasai siswa, maka semakin baik pula keterampilan membaca yang dicapai siswa. Kata kunci : Korelasi, Penguasaan Mufradāt, Keterampilan Membaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Penguasaan Mufradāt, Keterampilan Membaca
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:39
Last Modified: 02 Jun 2016 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20415

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum