PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU BINGO DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VII MTs HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA) TAHUN AJARAN 2015/2016

RENA RIZKI NURFAUZI, NIM. 12420034 (2016) PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU BINGO DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VII MTs HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA) TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU BINGO DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VII MTs HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA) TAHUN AJARAN 2015/2016)
12420034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU BINGO DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS VII MTs HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA) TAHUN AJARAN 2015/2016)
12420034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rena Rizki Nurfauzi (12420034), Penggunaan Media Permainan Kartu Bingo dalam Pembelajaran Mufradāt (Studi Eksperimen Di Kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Piyungan Bantul Yogyakarta) Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media permainan kartu bingo dan pelaksanaan pembelajaran yang tidak menggunakan media tersebut. Selain itu untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen (kelas yang menggunakan media permainan Kartu Bingo) dengan kelas kontrol (kelas yang tidak menggunakan media permainan Kartu Bingo). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model desain eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Hasyim Asy’ari Piyungan Bantul. Kemudian dipilih sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keakuratan data dilakukan uji validitas Penilaian Ahli (Expert Judgment). Prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov- Smirnov dan Shapiro-Wilk. Adapun hasil perolehan data dalam penelitian ini diolah menggunakan analisis data dengan uji U atau uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan tingkat kepercayaan 95% diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,002 < 0,05. Nilai signifikansi dari uji Mann Whitney dapat diperoleh dari nilai sig (2-tailed) dibagi dua sehingga diperoleh nilai sig (1-tailed) = 0,001. Dari pengujian tersebut nilai sig (1-tailed) = 0,001 < 0,05 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yaitu ada perbedaan yang signifikan pada penguasaan mufradāt siswa kelas VII MTs Hasyim Asy’ari antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kata Kunci: Media permainan Kartu Bingo, Mufradāt

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Media permainan Kartu Bingo, Mufradāt
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:13
Last Modified: 01 Jun 2016 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20416

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum