STUDI KOMPARASI PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING MODEL READING ALOUD DAN METODE KONVENSIONAL MODEL CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PENGARUHNYA TERHADAP RESPON SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

SITI USWATUN HASANAH, NIM. 12420050 (2016) STUDI KOMPARASI PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING MODEL READING ALOUD DAN METODE KONVENSIONAL MODEL CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PENGARUHNYA TERHADAP RESPON SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING MODEL READING ALOUD DAN METODE KONVENSIONAL MODEL CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PENGARUHNYA TERHADAP RESPON SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016)
12420050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING MODEL READING ALOUD DAN METODE KONVENSIONAL MODEL CERAMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN PENGARUHNYA TERHADAP RESPON SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016)
12420050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Siti Uswatun Hasanah, “Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud Dan Metode Konvensional Model Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Di Sma Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode active learning model reading aloud dan metode konvensional model ceramah dalam pembelajaran bahasa arab dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas xi di sma muhammadiyah 7 yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan pada umumnya dan Pendidikan Bahasa Arab pada khususnya.berkaitan dengan tema yang penulis angkat, penulis berharap bisa mengetahui model pembelajaran denagn penerapan metode active learning model reading aloud dan metode konvensional model ceramah dalam proses belajar-mengajarnya, sehingga dengan penerapan tersebut dapat menciptakan semangat belajar, terciptanya motivasi siswa, dan dapat membandingkan antara kedua metode tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan mengambil objek penelitian di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, angket, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA dan XI IPS. Data hasil siswa dianalisis menggunakan analisis Independent Sampel Test dan angket tanggapan siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan metode active learning model reading aloud dan metode konvensional model ceramah dengan taraf signifikasi P < 0,05; (2) terdapat perbedaan terdapat perbedaan respon dari siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta mengenai kedua metode tersebut, dengan rata-rata persentase pada metode active learning model reading aloud sebesar 79,8% dan rata-rata persentase metode konvensional model ceramah sebesar 54%. Kata Kunci: Studi komparasi, metode active learning model reading aloud, metode konvensional model ceramah, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, S. Ag., M. Ag
Uncontrolled Keywords: Studi komparasi, metode active learning model reading aloud, metode konvensional model ceramah, hasil belajar siswa.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:33
Last Modified: 01 Jun 2016 07:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20422

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum