PENERAPAN METODE AS-SAM’IYYAH ASY-SYAFAWIYYAH DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL KALĀM PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI WONOSARI TAHUN AJARAN 2015-2016

EVA AYU ARFINA, NIM. 12420055 (2016) PENERAPAN METODE AS-SAM’IYYAH ASY-SYAFAWIYYAH DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL KALĀM PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI WONOSARI TAHUN AJARAN 2015-2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE AS-SAM’IYYAH ASY-SYAFAWIYYAH DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL KALĀM PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI WONOSARI TAHUN AJARAN 2015-2016)
12420055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE AS-SAM’IYYAH ASY-SYAFAWIYYAH DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL KALĀM PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI WONOSARI TAHUN AJARAN 2015-2016)
12420055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Eva Ayu Arfina, Penerapan Metode As-sam’iyyah asy-syafawiyyah dalam Pembelajaran Mahārah Al Kalām pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonosari Tahun Ajaran 2015-2016. Skripsi: Jurusann Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Mahārah Al Kalām dengan menggunakan metode As-sam’iyyah asy-syafawiyyah pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonosari, dan hambatanhambatan dalam mengajar menggunakan metode as-sam’iyyah asysyafawiyyah beserta solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar belakang di Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonosari, Subyek penelitian ini adalah kepala Madrasah, Guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab dan siswa kelasVII serta segenap informan yang memiliki kaitan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran maharah al-kalam kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Wonosari sudah menerapkan metode Assam’iyyah asy-syafawiyyah sejak lama. Proses pembelajarannya berawal dari pengenalan kosakata, siswa mendengarkan kemudian mengucapkan secara berulang-ulang. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan member pertanyaan kepada siswa pada akhir jam pelajaran, memberikan pekerjaan rumah kepada siswa, Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS). Hambatan pembelajaran maharah al-kalam menggunakan metode As-sam’iyyah asy-syafawiyyah yaitu lingkungan pembelajaran bahasa Arab yang monoton, fasilitas belajar siswa, kurangnya perhatian guru terhadap siswa , latar belakang pendidikan siswa yang beragam. Adapun solusinya alangkah baiknya apabila pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja, guru memberi perhatian kepada semua siswa ketika mengajar, guru memberi bimbangan terhadap siswa yang belum bisa mengucapkan bahasa Arab diluar jam pelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tulus Mustofa, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode As-Sam’iyyah Asy-Syafawiyyah Dalam Pembelajaran Mahārah Al Kalām
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:39
Last Modified: 02 Jun 2016 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20423

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum