STUDI KOMPARASI MATERI BALAGHAH DALAM KITAB AL-BALĀGAH AL-WĀḌIḤAH DAN KITAB QAWĀ’ID AL-LUGAH AL- ‘ARABIYYAH (ANALISIS GRADASI MATERI)

ASTRI DELIANY NURLESTARY, NIM.12420056 (2016) STUDI KOMPARASI MATERI BALAGHAH DALAM KITAB AL-BALĀGAH AL-WĀḌIḤAH DAN KITAB QAWĀ’ID AL-LUGAH AL- ‘ARABIYYAH (ANALISIS GRADASI MATERI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI MATERI BALAGHAH DALAM KITAB AL-BALĀGAH AL-WĀḌIḤAH DAN KITAB QAWĀ’ID AL-LUGAH AL- ‘ARABIYYAH (ANALISIS GRADASI MATERI))
12420056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI MATERI BALAGHAH DALAM KITAB AL-BALĀGAH AL-WĀḌIḤAH DAN KITAB QAWĀ’ID AL-LUGAH AL- ‘ARABIYYAH (ANALISIS GRADASI MATERI))
12420056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah bermula dari banyaknya buku teks yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya ilmu balaghah. Akan tetapi banyak para pengajar yang belum bisa menilai kelayakan, mengevaluasi, serta memilih buku teks yang cocok untuk peserta didiknya. Oleh karena itu, penelitian ini bermaksud menganalisis dua buah kitab yang sering digunakan yaitu kitab Al-Balāgah Al-Wāḍiḥah dan kitab Qawā’id Al-Lugah Al- ‘Arabiyyah dari segi gradasi materinya, kemudian mengkomparasikan keduanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan objek penelitian kitab Al-Balāgah Al-Wāḍiḥah dan kitab Qawā’id Al-Lugah Al-‘Arabiyyah. Sedangkan untuk menganalisa data peneliti menggunakan teknik komparasi dan teknik analisa isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitab Al-Balāgah Al-Wāḍiḥah dan kitab Qawā’id Al-Lugah Al-‘Arabiyyah keduanya menggunakan gradasi gramatis jika dilihat dari segi kebahasaan dan menggunakan gradasi lurus jika dilihat dari segi jenisnya. Sedangkan dari segi kriterianya, pola penyusunan kitab kitab Al- Balāgah Al-Wāḍiḥah dimulai dari yang umum ke yang khusus, dari yang sederhana ke yang rumit dan dari yang ringkas ke yang panjang lebar dan kitab Qawā’id Al-Lugah Al-‘Arabiyyah disusun oleh penulis dengan pola penyusunan dari yang umum ke yang khusus. Kata Kunci: Studi Komparasi, Gradasi Materi, Kitab Al-Balāgah Al-Wāḍiḥah, kitab Qawā’id Al-Lugah Al-‘Arabiyyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Adzfar Ammar, M.A.
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Gradasi Materi, Kitab Al-Balāgah Al-Wāḍiḥah, kitab Qawā’id Al-Lugah Al-‘Arabiyyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:33
Last Modified: 01 Jun 2016 07:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20426

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum