POLA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS MATTAYUM SOMBOONSARD SCHOOL, NA THAWEE, SONGKHLA, THAILAND (TINJAUAN SOSIAL-BUDAYA)

GARNIS ULFIE FADILAH, NIM. 12420068 (2016) POLA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS MATTAYUM SOMBOONSARD SCHOOL, NA THAWEE, SONGKHLA, THAILAND (TINJAUAN SOSIAL-BUDAYA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS MATTAYUM SOMBOONSARD SCHOOL, NA THAWEE, SONGKHLA, THAILAND (TINJAUAN SOSIAL-BUDAYA))
12420068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (POLA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS MATTAYUM SOMBOONSARD SCHOOL, NA THAWEE, SONGKHLA, THAILAND (TINJAUAN SOSIAL-BUDAYA))
12420068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pola pembelajaran bahasa Arab di kelas Mattayum yang dilihat dari kondisi sosial-budaya di sekitar Somboonsard School, Na Thawee, Songkhla, Thailand. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian guru bahasa Arab di Somboonsard School. Sedangkan objek penelitiannya adalah pola pembelajaran yang diterapkan di Somboonsard School. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, dokumentasi, wawancara, dan interview by social-media. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu pengumpulan data (hasil dari observasi, dokumentasi, wawancara, dan interview by social-media), mereduksi data dengan merangkum dan memfokuskan pada poin-poin penting, mendisplay data secara sistematis, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sosial-budaya di sekitar Somboonsard School memiliki dampak/pengaruh terhadap pola pembelajaran bahasa Arab. Adapun pengaruhnya dibuktikan dengan adanya kebiasaan-kebiasaan yang selalu dilakukan guru sehingga membentukan suatu pola pembelajaran, kebiasaan-kebiasaan tersebut diantarnya : 1). Penggunaan metode ceramah selama pembelajaran berlangsung, 2). Pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered), 3). Sedikitnya game, penggunaan media, dan kegiatan inovatif lainnya selama pembelajaran. Dari kebiasaan-kebiasaan ini maka terbentuklah pola pembelajaran tradisional 1. Pola pembelajaran ini memaparkan pola pembelajaran dari Barry Morris. Kata kunci : Pola Pembelajaran, Bahasa Arab, Sosial-Budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radjasa M.Si
Uncontrolled Keywords: Pola Pembelajaran, Bahasa Arab, Sosial-Budaya.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:33
Last Modified: 01 Jun 2016 07:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20429

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum