PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN

AHMAD KHARIR, NIM. 12420073 (2016) PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN)
12420073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs HASYIM ASY’ARI PIYUNGAN)
12420073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (735kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang muncul karena ketidaksesuaian antara teori penggunaan media pembelajaran dengan media yang yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui media yang digunakan dalam proses pembelajaran, problematika guru dalam menggunakan media pembelajaran serta upaya dalam menyelesaikan problem tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara pada kepala sekolah, guru bahasa Arab dan sebagian siswa kelas VIII MTs Hasyim Asyari Piyungan Yogyakarta. Metode analisis data menggunakan metode triangulasi dan diuraikan dengan cara dekriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) media yang digunakan oleh guru bahasa Arab di MTs Hasyim Asy’ari Piyungan diantaranya media gambar, audio rekaman, film dan multimedia. (2) problem guru dalam memanfaatkan media pembelajaran diantaranya, guru; rendahnya motivasi dan kurangnya waktu bagi guru dalam mempersiapkan media pembelajaran, siswa; latar belakang siswa berbeda dan rendahnya minat peserta didik dalam belajar bahasa Arab, dan lembaga pendidikan; kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung dalam pemanfaatan media pembelajaran. (3) Upaya mengatasi problem pemanfaatan media pembelajaran; menumbuhkan motivasi dan inovasi pada diri guru, mengadakan pendidikan dan pelatihan terhadap para guru, menumbuhkan motivasi dan semangat belajar bahasa Arab pada peserta didik, menambah sarana dan prasarana pendukung proses pembelajaran. Kata kunci : Problem, Guru dan Pemanfaatan media pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Problem, Guru dan Pemanfaatan media pembelajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:11
Last Modified: 01 Jun 2016 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20434

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum