PENERAPAN METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING DI LUAR KELAS DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016)

HIKMATUL LAILAA, NIM. 12420087 (2016) PENERAPAN METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING DI LUAR KELAS DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING DI LUAR KELAS DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016))
12420087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE COMMUNITY LANGUAGE LEARNING DI LUAR KELAS DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016))
12420087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran mahārah alkalām dengan metode community language learning di luar kelas dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar bahasa Arab antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode community language learning di luar kelas dalam pembelajaran mahārah al-kalām dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode community language learning pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta yang terdiri dari tujuh kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, untuk sampel yang diambil adalah dua kelas, yaitu kelas X-B dengan jumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas X-F dengan jumlah 33 siswa sebagai kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas konstruk (construct validity). Uji reabilitas menggunakan rumus guttman split-half coefficient. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus shapiro-wilk. Sedangkan uji homogenitasnya menggunakan rumus lavene statistics. Analisis data menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata posttest kelompok kontrol sebesar 68,77, sedangkan kelompok eksperimen sebesar 77,78. Sedangkan uji t nilai posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai sig.(2-tailed) 0,03 < 0,05 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelompok eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar bahasa Arab mahārah al-kalām antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Maka metode community language learning dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mahārah alkalām. Kata kunc i : metode, community language learning, mahārah al-kalām.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.A
Uncontrolled Keywords: metode, community language learning, mahārah al-kalām.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 08:38
Last Modified: 02 Jun 2016 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20441

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum