EKSPERIMENTASI STRATEGI JIGSAW DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI YOGYAKARTA 1 DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH

Lita Anggraini Sulistiana, NIM. 12420098 (2016) EKSPERIMENTASI STRATEGI JIGSAW DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI YOGYAKARTA 1 DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI STRATEGI JIGSAW DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI YOGYAKARTA 1 DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH)
12420089_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI STRATEGI JIGSAW DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTs NEGERI YOGYAKARTA 1 DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH)
12420089_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan strategi Jigsaw yang nantinya bisa mengungkapkan ada tidaknya peningkatan minat belajar qira’ah dan perbedaan minat antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada siswa kelas VII MTs Negeri Yogyakarta 1. Siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa. Yakni kelas VII C yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas VII B yang dijadikan sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 33 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi dan angket. Dalam rangka menguji instrument dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk uji validitas dilkukan dengan metode Pearson Correlation yaitu mengkorelasikan skor tiap item dengan skor total. Sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan metode Crobach Alpha. Persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas dengan metode Kolmogrov-Smirnov Z dan uji homogenitas yang dilakukan dengan metode Test of Homogenity of Variance. Analisis data yang dipakai berupa data statistik dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pada masingmasing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada pra tindakan dan pasca tindakan. Untuk kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan strategi Jigsaw) mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 8,58 dari skor awal sebesar 128,36 meningkat menjadi137,21. Sedangkan untuk kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan strategi Jigsaw) terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 2,81 dari skor awal sebesar 127,67 meningkat menjadi 130,48. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan Strategi Jigsaw dalam pembelajaran qira’ah dengan yang tidak menggunakan strategi Jigsaw mempunyai perbedaan yang signifikan. Sehingga strategi Jigsaw dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran qira’ah. Kata Kunci : Strategi, Jigsaw, Minat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi, Jigsaw, Minat
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:11
Last Modified: 01 Jun 2016 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20442

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum