KORELASI ANTARA HAFALAN KITAB IMRIṬI DENGAN KEMAMPUAN AL-QAWᾹID AN-NAHWIYAH SANTRI KELAS MUMTAZ TSANI PUTRI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH PONDOK PESANTREN AL-TARMASIE PACITAN JAWA TIMUR

FATHIMAH WAHYUNIARTI, NIM. 12420094 (2016) KORELASI ANTARA HAFALAN KITAB IMRIṬI DENGAN KEMAMPUAN AL-QAWᾹID AN-NAHWIYAH SANTRI KELAS MUMTAZ TSANI PUTRI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH PONDOK PESANTREN AL-TARMASIE PACITAN JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA HAFALAN KITAB IMRIṬI DENGAN KEMAMPUAN AL-QAWᾹID AN-NAHWIYAH SANTRI KELAS MUMTAZ TSANI PUTRI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH PONDOK PESANTREN AL-TARMASIE PACITAN JAWA TIMUR)
12420094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA HAFALAN KITAB IMRIṬI DENGAN KEMAMPUAN AL-QAWᾹID AN-NAHWIYAH SANTRI KELAS MUMTAZ TSANI PUTRI MADRASAH TSANAWIYAH SALAFIYAH PONDOK PESANTREN AL-TARMASIE PACITAN JAWA TIMUR)
12420094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana korelasi antara hafalan kitab imriṭi dengan kemampuan al-qawāid an-nahwiyah santri kelas mumtaz tsani madrasah tsanawiyah salafiyah pondok pesantren al-tarmasie pacitan jawa timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil obyek penelitian santri kelas Mumtaz Tsani Putri Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Pondok Pesantren Al-Tarmasie yang berjumlah 46. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, Interview (wawancara), dokumentasi dan tes yang mencakup tes hafalan kitab imriṭi dan tes kemampuan al-qawāid annahwiyah. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi “produk moment” yang kemudian diinterpretasikan dan diberi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Hafalan kitab imriṭi santri Kelas Mumtaz Tsani Putri termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini terlihat dari nilai rata-rata (mean) yang diperoleh yaitu sebesar 96,4 yang berada pada kelas interval 94,9 – 97,4. (2) Kemampuan al-qawāid an-nahwiyah santri Kelas Mumtaz Tsani Putri termasuk dalam kategori “baik” hal ini terlihat dari nilai ratarata (mean) yang diperoleh yakni sebesar 88,7 yang berada pada interval 82,1 – 90. (3) Terdapat korelasi yang signifikan antara hafalan kitab imriṭi dan kemampuan al-qawāid an-nahwiyah santri Kelas Mumtaz Tsani Putri Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Pondok Pesantren Al-Tarmasie Pacitan Karena pada kenyataannya nilai rhitung (koefisien korelasi) yang diperoleh, yaitu 0,417, lebih besar dari rtabel, baik pada taraf signifikansi 5% (rhitung > rtabel = 0,417 > 0,291) maupun 1% ( rhitung > rtabel = 0,417 > 0,376). dan setelah mencari koefisien determinasi (KD = rxy 2 x 100) diketahui bahwa 17,4% kemampuan al-qawāid annahwiyah turut ditentukan oleh hafalan kitab imriṭi Kata Kunci: Korelasi, Hafalan Kitab imriṭi, Kemampuan Al-qawāid an-nahwiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I, M.SI.
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Hafalan Kitab imriṭi, Kemampuan Al-qawāid an-nahwiyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 07:33
Last Modified: 01 Jun 2016 07:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20443

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum