PENERAPAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SEBAGAI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB (Studi Eksperimen Pembelajaran Kalam kelas VIII Di MTs Negeri Gombong Tahun Ajaran 2015/2016)

WACHYU STIYONINGSIH, NIM.12420105 (2016) PENERAPAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SEBAGAI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB (Studi Eksperimen Pembelajaran Kalam kelas VIII Di MTs Negeri Gombong Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SEBAGAI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB (Studi Eksperimen Pembelajaran Kalam kelas VIII Di MTs Negeri Gombong Tahun Ajaran 2015/2016))
12420105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SEBAGAI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB (Studi Eksperimen Pembelajaran Kalam kelas VIII Di MTs Negeri Gombong Tahun Ajaran 2015/2016))
12420105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Wachyu Stiyoningsih. 12420105. Penerapan metode small group discussion untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab (studi eksperimen pembelajaran kalam kelas VIII Di MTs Negeri Gombong Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia masih belum sempurna. Masih terdapat banyak problematika dalam pembelajaran bahasa Arab. Salah satunya adalah dari aspek medologi. Kebanyakan guru bahasa Arab masih menerapkan meode pembelajaran klasik sehingga membuat siswa pasif dalam pembelajaran. Metode small group discussion merupakan salah satu metode yang dapat membuat siswa menjadi aktif dalam pembelajaran kalam sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan berbicara bahasa Arab antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode small group discussion dalam pembelajaran kalam dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode small group discussion di kelas VIII MTs Negeri Gombong. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dan tes. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 33 orang untuk kelas eksperimen dan 31 orang untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji “t” nilai pre-test dan nilai post-test kelas eksperimen menghasilkan nilai sig. (2-tailed) = 0,000 (Ha diterima). Selain itu nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen menunjukkan peningkatan lebih tinggi, yaitu sebesar 78,2. Sedangkan kelas kontrol hanya sebesar 69,5. Dari nilai rata-rata post-test tersebut, kelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi, yaitu sebesar 18,5. Sedangkan kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata peningkatan sebesar 9,3. Dari hasil analisi tersebut dapat disimpulkan bahwa metode small group discussion dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab. Kata kunci: pembelajaran kalam, metode small group discussion, kemampuan berbicara bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M. Si
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kalam, metode small group discussion, kemampuan berbicara bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Jun 2016 01:33
Last Modified: 02 Jun 2016 01:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20444

Actions (login required)

View Item View Item