ANALISIS KEBIASAAN NEGATIF SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI BREAKING BAD HABIT EDWIN RAY GUTHRIE

RR HANUM ANNISAA’, NIM. 1120411025 (2016) ANALISIS KEBIASAAN NEGATIF SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI BREAKING BAD HABIT EDWIN RAY GUTHRIE. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEBIASAAN NEGATIF SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI BREAKING BAD HABIT EDWIN RAY GUTHRIE)
1120411025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEBIASAAN NEGATIF SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI BREAKING BAD HABIT EDWIN RAY GUTHRIE)
1120411025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Rr. Hanum AnNisaa’. “Analisis Kebiasaan Negatif Siswa Dalam Pembelajaran bahasa Arab Bererdasarkan Teori Breaking Bad Habit Edwin Ray Guthrie”. Tesis, Yogyakarta Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Kebiasaan belajar siswa merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi prestasi belajar serta suksesnya suatu pembelajaran bahasa Arab dikelas. kebiasaan yang baik dalam pembelajaran akan memudahkan siswa dalam studinya, tapi jika kebiasaan negatif yang dimiliki siswa, maka tidak hanya akan mempersulit dan menghambat kemajuan belajarnya sendiri, bahkan teman, dan proses pembelajaran yang sedang berlangsung pun dapat terganggu. Maka perlu adanya suatu solusi untuk mengatasi problem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kebiasaan negatif siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab, serta mendesain solusi untuk memutus kebiasaan negatif tersebut dengan teori Breaking Bad Habit Edwin Ray Guthrie. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dimana suatu teori yang didapatkan kemudian dijabarkan untuk menentukan hipotesis bentuk-bentuk kebiasaan negatif siswa dalam pembelajaran bahasa Arab yang kemudian dibuatkan desain memutus kebiasaan negatif tersebut dengan menggunakan teori Breaking Bad Habit Edwin Ray Guthrie. Penelitian ini menghasilkan beberapa bentuk kebiasaan negatif siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan kisi-kisinya dengan hasil paling banyak menunjuk pada cara belajar yang kurang efektif dan efisien, serta kurang cakap dan terampilnya siswa dalam belajar Bahasa Arab, sebanyak 29. Sedangkan untuk hal-hal yang mengganggu konsentrasi belajar termasuk dalam taraf sedang, dan pada indikator penundaan tugas serta hal-hal yang mengganggu terselesaikanya tugas paling sedikit yaitu sebanyak 8. Sedangkan kebiasaan negatif siswa dalam pembelajaran bahasa Arab yang terbentuk berdasarkan faktor penyebabnya, paling banyak terdapat pada faktor internal pribadi siswa karena kurang atau tidak adanya motivasi belajar bahasa Arab siswa ada 27, Sedangkan faktor eksternal karena tersugesti/pengaruh untuk melakukan sesuatu ada 19 serta proses imitasi, menimbulkan bentuk-bentuk kebiasaan negatif paling sedikit (4). Desain memutus kebiasaan negatif siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dengan teori breaking bad habit Edwin Ray Guthrie ini, dihadapkan pada 3 komponen pembelajaran bahasa Arab, yaitu terhadap guru, materi dan metode pembelajaran bahasa Arab, yang dapat digunakan sebagai solusi untuk memutus kebiasaan negatif siswa, dapat pula dikembangkan sendiri sesuai bentuk kebiasaan negatif yang dihadapi, dengan pendapat bahwa penggunannya dalam suatu pembelajaran, metode Exhaustion Method perlu adanya penahan/ penegasan dari guru supaya dapat menyegerakan adanya respon kearah kebiasaan yang baik, dan pada metode Change of environment method menurut penulis hanya dapat berhasil untuk memutus kebiasaan negatif siswa yang terbentuk dari faktor eksternal, apabila berasal dari faktor internal, sifatnya hanya membelokkan kebiasaan negatif saja, sewaktu-waktu dapat berulang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag., M.Pd
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 10:49
Last Modified: 27 Apr 2016 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20461

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum