HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MINAT UNTUK MEMANFAATKAN LAYANAN KONSELING DI SEKOLAH MTSN YOGYAKARTA II

IVA SULVIESTARINI, NIM. 12220039 (2016) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MINAT UNTUK MEMANFAATKAN LAYANAN KONSELING DI SEKOLAH MTSN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MINAT UNTUK MEMAN AATKAN LAYANAN KONSELING DI SEKOLAH MTSN YOGYAKARTA II)
12220039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MINAT UNTUK MEMAN AATKAN LAYANAN KONSELING DI SEKOLAH MTSN YOGYAKARTA II)
12220039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (929kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah terkait adakah hubungan antara persepsi siswa terhadap guru bimbingan dan konseling dengan minat untuk memanfaatkan layanan konseling di sekolah MTsN Yogyakarta II dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa sebagai sampel penelitian diambil dengan teknik proporsional random sampling dari keseluruhan populasi. Alat pengumpul data utama yang digunakan adalah angket untuk variabel persepsi siswa terhadap guru bimbingan dan konseling (X) dan minat untuk memanfaatkan layanan konseling di sekolah (Y) serta wawancara sebagai data pelengkap. Analisis data menggunakan studi korelasi Product Moment dari Pearson dengan uji asumsi yaitu uji normalitas dan uji linearitas menggunakan bantuan Software SPSS Version 21 for Windows. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah hipotesis kerja atau alternatif (Ha) yakni ada hubungan positif antara persepsi terhadap guru bimbingan dan konseling dengan minat untuk memanfaatkan layanan konseling di sekolah pada siswa. Semakin positif persepsi siswa terhadap guru BK maka akan semakin tinggi minat siswa untuk memanfaatkan layanan konseling di sekolah, sebaliknya jika semakin negatif persepsi siswa terhadap guru BK maka akan semakin rendah minat siswa untuk memanfaatkan layanan konseling di sekolah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi siswa terhadap guru bimbingan dan konseling dengan minat untuk memanfaatkan layanan konseling di sekolah MTsN Yogyakarta II, yang memiliki koefisien korelasi sebesar 0,826 dengan nilai p = 0,000 (0 < 0,01). Hal ini berarti hipotesis kerja atau alternatif (Ha) diterima, semakin positif persepsi siswa terhadap guru BK maka akan semakin tinggi minat siswa untuk memanfaatkan layanan konseling di sekolah, sebaliknya jika semakin negatif persepsi siswa terhadap guru BK maka akan semakin rendah minat siswa untuk memanfaatkan layanan konseling di sekolah MTsN Yogyakarta II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S. Ag., M. Si.
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa Terhadap Guru Bimbingan dan Konseling, Minat Untuk Memanfaatkan Layanan Konseling
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Apr 2016 10:49
Last Modified: 27 Apr 2016 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20462

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum