IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM 2013 DI SMP N 2 TURI DAN SMP N 3 KALASAN SLEMAN

ZALIK NURYANA, SPDI, NIM. 1220410104 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM 2013 DI SMP N 2 TURI DAN SMP N 3 KALASAN SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM 2013 DI SMP N 2 TURI DAN SMP N 3 KALASAN SLEMAN)
1220410104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM KURIKULUM 2013 DI SMP N 2 TURI DAN SMP N 3 KALASAN SLEMAN)
1220410104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Zalik Nuryana, Implementasi Pembelajaran PAI dalam Kurikulum 2013 di SMP N 2 Turi dan SMP N 3 Kalasan. Tesis. Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan Agama Islam Program Studi Pendidikan Islam Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perubahan kurikulum. Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Perubahan pola pikir dan pola tindak bagi guru dalam mengelola kelas dan melaksanakan proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian otentik . Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, klasifikasi dan penyajian data, dan penarikan simpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PAI di SMP N 2 Turi dan SMP N 3 Kalasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, SMP N 2 Turi dan SMP N 3 Kalasan telah menerapkan kurikulum 2013 pada semua mata pelajaran termasuk PAI. Penerapan di sekolah mulai dari sarana prasarana, perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran dan menggunakan buku teks guru dan siswa kurikulum 2013. Bimtek dan pelatihan guru sudah dilakukan, akan tetapi ada beberapa keluhan oleh GPAI,bahwa pendekatan saintifik dan evaluasi otentik kurang difahami oleh guru, sehingga nilai pembelajaran kurang mengena. Kedua, Implementasi kurikulum 2013 berjalan efektif, hanya saja perubahan awal yang dirasakan ketika mengajar di kelas VII karena perubahan jenjang dari SD ke SMP. GPAI mengajar dengan monoton, sehingga terjadi kebosanan di dalam kelas. Perlu pelatihan khusus mengenai metode pembelajaran yang menyenangkan, dan juga pemanfaatan media pembelajaran. Ketiga, Ditemukan persamaan dan perbedaan. Persamaannya adalah, GPAI kedua sekolah di bawah naungan MGMP PAI Kab. Sleman. Proses pembelajaran kedua sekolah menggunakan pendekatan saintifik, dan menggunakan penilaian otentik. Perbedaan yang ditemukan adalah, perbedaan pemahaman dalam perencanaan pembelajaran, sehingga alur dan komponen RPP tidak sesuai petunjuk. Dalam proses pembelajaran terlihat perbedaan dalam implementasi pendekatan saintifik, metode pembelajaran, dan pengelolaan kelas. Perbedaan dalam evaluasi pembelajaran adalah, perbedaan pemahaman tentang penilaian otentik yang belum sepenuhnya di pahami dan dilaksanakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Impelemntasi Kurikulum 2013, pendekatan saintifik, penilaian otentik, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 10:58
Last Modified: 27 Apr 2016 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20463

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum