PENGARUH BIMBINGAN KARIR MELALUI MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TERHADAP PROFESI YANG ADA DI INDONESIA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMA SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)

AINUR RAHMAH, NIM. 12220041 (2016) PENGARUH BIMBINGAN KARIR MELALUI MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TERHADAP PROFESI YANG ADA DI INDONESIA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMA SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BIMBINGAN KARIR MELALUI MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TERHADAP PROFESI YANG ADA DI INDONESIA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMA SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA))
12220041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BIMBINGAN KARIR MELALUI MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN TERHADAP PROFESI YANG ADA DI INDONESIA (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA SMA SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA))
12220041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (867kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh bimbingan karir melalui media Ular Tangga dalam meningkatkan pengetahuan terhadap profesi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen ulang (prestestposttest control grup design). Penelitian ini dilakukan di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. Jumlah sampel 23 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas adalah bimbingan karir melalui media Ular Tangga, sedangkan variabel terikat adalah pengetahuan terhadap profesi yang ada di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh bimbingan karir melalui media Ular Tangga dalam meningkatkan pengetahuan siswa terhadap profesi yang ada di Indonesia menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan hasil uji Wilcoxon Signed-Rank Test pada kelas eksperimen dengan bantuan komputasi SPSS for windows 20.0, yaitu 0,02, yang artinya 0,02<0,05 dan kelas kontrol, yaitu 0,14 yang artinya 0,14>0,05. Sehingga hipotesis pada penelitian ini dapat dibuktikan, yaitu ada pengaruh positif bimbingan karir melalui media Ular Tangga dalam meningkatkan pengetahuan siswa terhadap profesi yang ada di Indonesia dan semakin sering diberikan bimbingan karir melalui media Ular Tangga, maka semakin tinggi pengetahuan siswa terhadap profesi yang ada di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. Said Hasan Basri, S. Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir Melalui Media Ular Tangga, Pengetahuan terhadap Profesi yang ada di Indonesia
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Apr 2016 11:06
Last Modified: 27 Apr 2016 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20468

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum