PEMIKIRAN MOHAMMAD FAUZIL ADHIM TENTANG KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA

ASMARITA, SPDI, NIM. 1420410043 (2016) PEMIKIRAN MOHAMMAD FAUZIL ADHIM TENTANG KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN MOHAMMAD FAUZIL ADHIM TENTANG KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA)
1420410043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (915kB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN MOHAMMAD FAUZIL ADHIM TENTANG KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA)
1420410043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Asmarita, 1420410043, “Pemikiran Mohammad Fauzil Adhim Tentang Konsep Pendidikan Keluarga”. Prodi Pendidikan Islam. Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2016. Penulis mengambil pemikiran Mohammad Fauzil Adhim didasari oleh keinginan untuk mendalami pemikiran Mohammad Fauzil Adhim mengenai pendidikan keluarga, Mohammad Fauzil Adhim adalah seorang penulis yang berkompeten tentang keluarga dan pendidikan anak. Masa remaja dihabiskan Fauzil untuk mengasah potensi kreatifnya dalam dunia baca-tulis, beliau mengawalinya sebagai kolumnis di berbagai majalah yang berkaitan dengan keluarga. Dalam penelitian ini, permasalahan yang akan dibahas adalah (1) Bagaimana konsep pendidikan keluarga menurut Mohammad Fauzil Adhim? (2) Bagaimana penerapan konsep pendidikan keluarga bagi pendidikan anak? (3) Apa kontribusi pemikiran Mohammad Fauzil Adhim terhadap pendidikan keluarga saat ini? Untuk memperoleh hasil penelitian, penulis menggunakan library research dengan pendekatan kualitatif-deskriptif terhadap data (primer dan sekunder), serta menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah dan menganalisis sumber data dari referensi yang terkait dan dari telaah analisis data itu dapat dihasilkan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: pendidikan keluarga merupakan pendidikan yang berlangsung dalam keluarga yang dilaksanakan oleh orang tua sebagai tugas dan tanggung jawabnya dalam mendidik anak dalam keluarga. Sebab keluarga merupakan lingkungan budaya yang pertama dan utama dalam menanamkan norma dan mengembangkan berbagai kebiasaan dan perilaku yang penting bagi kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat. Fungsi dan peran orang tua bahkan mampu untuk membentuk arah keyakinan anak-anak mereka. konsep pendidikan yang harus diberikan pertama kali kepada keluarga menurut Mohammad Fauzil Adhim adalah anak, karena anak merupakan amanah dan salah satu hal penting dalam keluarga yang harus mendapat perhatian penuh, oleh karena itu sebagai orang tua harus menjaga dan memelihara amanah itu. Masa kanak-kanak merupakan masa yang paling penting untuk sepanjang usia hidupnya. Sebab masa kanak-kanak adalah masa pembentukan fondasi dan dasar kepribadian yang akan menentukan pengalaman anak selanjutnya. Oleh sebab itu, perlu para pendidik atau orang tua mengetahui perkembangan anak pada masa usia dini menjadi mutlak adanya jika ingin memiliki generasi yang mampu mengembangkan diri secara optimal. Adapun kontribusi pendidikan keluarga saat ini adalah: orang tua harus memiliki wawasan dan pengetahuan tentang mendidik anak, menyadari bahwa perkembangan dan pendidikan anak itu berproses sangat panjang, memahami tujuan yang baik dan benar dalam mendidik anaknya, peka terhadap lingkungan dunia pendidikan anak, memperhatikan pendidikan anak bahkan dimulai dari usia dini dan menyiapkan masa depan anak dengan baik, serta memberi bekal ilmu yang bermanfaat dan agama yang kuat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Muhammad Chirzhin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Keluarga, Orang Tua, Anak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 11:39
Last Modified: 27 Apr 2016 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20481

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum