INTERFERENSI SINTAKSIS BAHASA INDONESIA DALAM KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB (STUDI KASUS PADA MATERI INSYĀ’ SANTRIWATI MA„HAD AL-JAMI„AH WALISONGO TAHUN 2015/2016)

ROHMATUL FAIZAH, NIM. 1420410099 (2016) INTERFERENSI SINTAKSIS BAHASA INDONESIA DALAM KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB (STUDI KASUS PADA MATERI INSYĀ’ SANTRIWATI MA„HAD AL-JAMI„AH WALISONGO TAHUN 2015/2016). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERFERENSI SINTAKSIS BAHASA INDONESIA DALAM KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB (STUDI KASUS PADA MATERI INSYĀ’ SANTRIWATI MA„HAD AL-JAMI„AH WALISONGO TAHUN 2015/2016))
1420410099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTERFERENSI SINTAKSIS BAHASA INDONESIA DALAM KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB (STUDI KASUS PADA MATERI INSYĀ’ SANTRIWATI MA„HAD AL-JAMI„AH WALISONGO TAHUN 2015/2016))
1420410099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ROHMATUL FAIZAH, Interferensi Sintaksis Bahasa Indonesia Dalam Kemahiran Berbahasa Arab (Studi Kasus Pada Materi Insyā’ Santriwati Ma„had Al-Jami„ah Walisongo Tahun 2015/2016). Tesis, Yogyakarta Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Seyogyanya santriwati dalam sebuah pondok pesantren memiliki kemahiran berbahasa dengan baik. Namun pada kenyataannya masih banyak ditemukan kesalahan-kesalahan berbahasa dalam keterampilan bahasa tertentu, seperti dalam materi insyā’. Oleh karena itu peneliti mencoba menganalisis interferensi sintaksis pada materi insyā’ santriwati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan bentuk interferensi sintaksis dan untuk mengetahui penyebab munculnya interferensi sintaksis bahasa Indonesia dalam kemahiran berbahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dalam bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini, setelah data dikumpulkan kemudian dikelompokkan dan dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan strategi verifikasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan terdapat dua temuan sebagai berikut: Pertama, bentuk-bentuk interferensi sintaksis bahasa Indonesia pada materi insyā’ Santriwati Ma‟had Al-Jami„ah Walisongo terjadi pada problem tenses dan problem kesesuaian susunan yang meliputi: bentuk tunggal, ganda dan jamak (ifrād, taṡniyah dan jama’), jenis kelamin (mużakkar dan mu‘annaṡ), problem i‘ rāb, problem kalimat verbal (jumlah fi’iliyah), problem kalimat nominal (jumlah ismiyah), serta problem na’at dan iḍāfah. Kedua, faktor penyebab munculnya interferensi sintaksis bahasa Indonesia pada materi insyā’ Santriwati Ma‟had Al-Jami„ah Walisongo terbagi ke dalam dua bagian, yaitu problematika linguistik dan non linguistik. Adapun faktor linguistik meliputi: kurangnya kosakata santriwati, serta minimnya pengetahuan tentang kaidah bahasa Arab. Sedangkan aspek nonlinguistik meliputi: kemalasan santriwati untuk menggunakan bahasa Arab, terbawanya kebiasaan dengan bahasa pertama, dan faktor materi/bahan ajar. Adapun solusi untuk mengatasi masalah tersebut, hendaknya dosen merencanakan pengajaran secara matang, dimulai dari pengajaran naḥwu berawal dari hal yang diketahui sampai yang belum diketahui, atau dari hal yang mudah menuju ke hal yang sulit, dan materi yang diajarkan harus runtut, artinya materi baru yang akan diajarkan harus ada kaitannya dengan materi pelajaran sebelumnya, baik dari aspek kosakata, naḥwu, maupun yang lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhajir, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Interferensi sintaksis dan materi insyā
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 13:04
Last Modified: 27 Apr 2016 13:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20489

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum