PENGARUH SIKAP SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 02 PAGUYANGAN

SILMA SYAHIDA, NIM. 1420410101 (2016) PENGARUH SIKAP SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 02 PAGUYANGAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SIKAP SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 02 PAGUYANGAN)
1420410101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SIKAP SISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 02 PAGUYANGAN)
1420410101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode pembelajaran dan motivasi merupakan bagian penting dari proses pembelajaran . Metode Pembelajaran berfungsi mengarahkan siswa untuk mencapai penguasaan bahasa Arab dan motivasi pada siswa akan memberikan dorongan atau kekuatan pada diri siswa untuk berusaha/belajar lebih giat selama proses pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 02 Paguyangan guru merasa bahwa penyajian pembelajaran (metode) yang digunakan untuk menyampaikan materi bahasa Arab sudah maksimal, tetapi hasil pembelajaran bahasa Arab di sekolah tersebut masih di bawah nilai standart, guru merasa bahwa ada masalah pada motivasi belajar siswa-siswa terhadap materi bahasa Arab Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sikap siswa terhadap metode pembelajaran dan motivasi siswa terhadap hasil pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 02 Paguyangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Data diperoleh melalui kuisioner/angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pemilihan responden yang digunakan adalah teknik random sampling dengan menggunakan rumus dari Isaac dan Michael Dari penelitian ini diketahui bahwa Sikap Siswa Tehadap Metode Pembelajaran dan Motivasi Siswa tidak memberikan pengaruh terhadap Hasil Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 02 Paguyangan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sikap siswa tentang metode pembelajaran terhadap hasil pembelajaran sebesar 0,082 dengan signifikansi 0,162 dan nilai koefisien regresi motivasi siswa terhadap hasil pembelajaran sebesar 0,847 dengan taraf signifikansi sebesar 0,12.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Sikap Siswa, Metode Pembelajaran, Motivasi Siswa, Hasil Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 13:07
Last Modified: 27 Apr 2016 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum