PENGARUH DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEORI SUBSUMPTION AUSUBEL TERHADAP HASIL BELAJAR (STUDI EKSPERIMEN DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SEMARANG)

EFI WAHYUNINGSIH, SPDI, NIM. 1420410115 (2016) PENGARUH DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEORI SUBSUMPTION AUSUBEL TERHADAP HASIL BELAJAR (STUDI EKSPERIMEN DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SEMARANG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEORI SUBSUMPTION AUSUBEL TERHADAP HASIL BELAJAR (STUDI EKSPERIMEN DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SEMARANG))
1420410115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS TEORI SUBSUMPTION AUSUBEL TERHADAP HASIL BELAJAR (STUDI EKSPERIMEN DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SEMARANG))
1420410115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Efi Wahyuningsih, Pengaruh Desain Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teori Subsumption Ausubel Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen di SMP Muhammadiyah 4 Semarang). Tesis, Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan pengaruh desain pembelajaran berbasis teori Subsumption Ausubel terhadap hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 4 Semarang dengan melihat pengaruh dan perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selain itu, untuk mengetahui keberterimaan kepala sekolah, guru dan siswa terhadap desain pembelajaran bahasa Arab berbasis teori Subsumption Ausubel yang telah diterapkan di kelas VIII D SMP Muhammadiyah 4 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian true experiment dengan menggunakan desain penelitian eksperimen post-test only control design dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Semarang. Data penelitian diambil dengan menggunakan eksperimen, observasi, wawancara, kuesioner (angket), tes dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa teknik analisis kuantitatif yang menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab berbasis teori Subsumption Ausubel merupakan pelaksanaan desain yang menggunakan Teacher Centered Approach (Pendekatan yang berpusat pada guru) dan metode ekspositori dengan berpedoman pada RPP dan konsep materi berbentuk peta konsep sebagai media pembelajarannya. Proses pembelajaran di kelas, guru menjelaskan terlebih dahulu materi yang sedang dipelajari dengan menggunakan konsep deduksi yakni menjelaskan secara global atau pengertian terlebih dahulu kemudian diikuti contoh-contohnya. 2) adanya pengaruh signifikan desain pembelajaran bahasa Arab berbasis teori Subsumption Ausubel terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil analisis Uji Beda Mean yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata Post-Test kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol, yaitu 6,0111 dan 4,9556, dengan selisih rata-rata sebesar 1,0555. Dan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan independent t-test diperoleh t hitung sebesar 3,465 lebih besar dari t tabel yaitu 2,048 (3,465 2,048) dengan taraf signifikan kurang dari 5% (0,001 0,05) pada lembar hasil belajar Post-Test. 3) Keberterimaan kepala sekolah, guru dan siswa terhadap desain pembelajaran bahasa Arab berbasis teori Subsumption Ausubel menunjukkan hasil yang positif berdasarkan lembar jawaban respond terhadap angket.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran, Teori Subsumption Ausubel, Hasil Belajar, Eksperimen.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 13:44
Last Modified: 27 Apr 2016 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20498

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum