MANAJEMEN PEMBINAAN AGAMA ISLAM PADA NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A WIROGUNAN YOGYAKARTA

AMIN DWI CAHYONO, SPDI, NIM. 1420410118 (2016) MANAJEMEN PEMBINAAN AGAMA ISLAM PADA NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A WIROGUNAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBINAAN AGAMA ISLAM PADA NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A WIROGUNAN YOGYAKARTA)
1420410118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBINAAN AGAMA ISLAM PADA NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A WIROGUNAN YOGYAKARTA)
1420410118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Amin Dwi Cahyono, Manajemen Pembinaan Agama Islam Pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wirogunan Yogyakarta, Tesis, Progam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus kembalinya para mantan narapidana ke dalam Lembaga Pemasyarakatan, kembalinya para mantan narapidana ini disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya adalah kurang maksimalnya sistem manajemen pembinaan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan khususnya pembinaan agama Islam. Hal ini kalau terus dibiarkan akan berdampak kurang baik mengingat fungsi adanya Lembaga Pemasyarakatan adalah sebagai tempat pembinaan bagi narapidana yang bertujuan untuk mengembalikan Warga Binaan Pemasyarakatan sebagai warga yang baik dan tidak mengulangi lagi tindak kejahatannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana manajemen pembinaan agama Islam pada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Wirogunan Yogyakarta. (2) Bagaimana aplikasi manajemen dalam pembinaan agama Islam pada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Wirogunan Yogyakarta dan (3) Bagaimana hasil pelaksanaan manajemen pembinaan agama Islam yang dilakukan terhadap narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wirogunan Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, manajemen pembinaan agama Islam yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wirogunan Yogyakarta adalah manajemen pembinaan berbasis andragogi (pendidikan usia dewasa) dimana kegiatan pembinaan pembinaan yang dilakukan bertumpu kepada warga belajar itu sendiri dan bukan merupakan kegiatan seorang guru mengajarkan sesuatu, adanya guru hanya sebagai fasilitator atau pendamping. Adapun dalam proses pelaksanaan manajemen pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wirogunan Yogyakarta ini, menggunakan fungsi-fungsi yang ada dalam manajemen. Di antaranya adalah perencanaan (planning), perencanaan yangsudah dilakukan yaitu menentukan tujuan pembinaan agama Islam, menentukan program yang disesuaikan dengan keadaan narapidana, serta menjadwalkan kegiatan. Pengorganisasian (organizing) pengorganisasian yang dilakukan yaitu membuat struktur kepengurusan dan membagi tugas pembinaan kepada petugas pembinaan. Penggerakkan (actuating), pergerakan yang dilakukan adalah menggerakkan semua elemen pembinaan untuk melaksanakan hal-hal yang telah direncanakan. Pengendalian/pengawasan (controlling), pengawasan yang dilakukan adalah dengan memberlakukan sistem presensi dalam setiap kegiatan, selalu melakukan pengawasan dalam setiap pembinaan dan mengevaluasi setiap pembinaan agama Islam yang telah dilaksanakan. Hasil yang didapatkan adalah narapidana menjadi aktif dalam mengikuti setiap pembinaan agama yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembinaan Agama Islam, Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Wirogunan Yogyakarta
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 27 Apr 2016 13:47
Last Modified: 27 Apr 2016 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20499

Actions (login required)

View Item View Item