PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( STUDI KASUS DI MTS AL-IFTITAHIYAH DAN MTS MATHALIBUL ULUM SUMENEP JAWA TIMUR)

USWATUL JANNAH, NIM. 1420410127 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( STUDI KASUS DI MTS AL-IFTITAHIYAH DAN MTS MATHALIBUL ULUM SUMENEP JAWA TIMUR). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( STUDI KASUS DI MTS AL-IFTITAHIYAH DAN MTS MATHALIBUL ULUM SUMENEP JAWA TIMUR))
1420410127_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ( STUDI KASUS DI MTS AL-IFTITAHIYAH DAN MTS MATHALIBUL ULUM SUMENEP JAWA TIMUR))
1420410127_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Uswatul Jannah: Penerapan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di MTs Al-Iftitahiyah dan MTs Mathalibul Ulum Sumenep Jawa Timur) Penelitian ini berangkat dari sejumlah permasalahan terkait penerapan pendekatan saintifik yang dirumuskan dalam kurikulum 2013, khususnya dalam bidang bahasa Arab. Di antara problem tersebut adalah ketidaksesuaian antara kurikulum yang dipakai dengan standar proses yang ditempuh. MTs Al-Iftitahiyah dan MTs Mathalibul Ulum misalnya, yang memutuskan untuk menggunakan kurikulum 2013 bagi kelas kelas VII, ternyata dalam implementasi di lapangan belum sepenuhnya mencerminkan pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan saintifik. Permasalahan lain yaitu latar belakang lembaga yang berbeda di mana MTs Al-Iftitahiyah berbasis pesantren sedangkan MTs Mathalibul Ulum basisnya non-pesantren. Perbedaan yang demikian tentunya akan turut mempengaruhi bagaimana sebuah proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang dipakai yaitu analisis deskriptif yang memfokuskan pada pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan saintifik di MTs Al-Iftitahiyah dan MTs Mathalibul Ulumuntuk kelas VII. Teori yang dipakai antara lain konsep pendekatan saintifik dalam pembelajaran dan standar proses pelaksanaannya dalam pembelajaran bahasa Arab sesuai dengan permenag no 165 tahun 2014. Melalui teori-teori tersebut akan dikaji terkait standar proses iplementasi pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan saintifik di dua lembaga tersebut yang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran; dan (3) evaluasi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Al-Iftitahiyah dan MTs Mathalibul Ulum mengacu pada silabus dan RPP yang ditetapkan permenag no 165 tahun 2014. Meskipun RPP tidak memenuhi dua komponen kelengkapan, namun di dalamnya tersusun langkah-langkah pembelajaran saintifik yang menjadi fokus kajian dalam tesis ini. Maka dalam konteks penelitian ini perencanaan di kedua lembaga tersebut sudah memenuhi kaidah saintifik; (2) pelaksnaan pembelajaran di MTs Al-Iftitahiyah dan MTs Mathalibul Ulum sudah memenuhi kaidah saintifik yang mengaplikasikan kagiatan mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan sesuai metode masing-masing lembaga; sedangkan (3) evaluasi yang digunakan keduanya tidak sesuai dengan kaidah penilaian auentik kurikulum 2013 karena MTs Al-Iftitahiyah tidak melaksanakan penilaian jurnal, sementara MTs Mathalibul Ulum hanya menerapkan penilaian autentik sepenuhnya pada penilaian kompetensi pengetahuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik, pembelajaran bahasa Arab, MTs Al-Iftitahiyah dan MTs Mathalibul Ulum
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Apr 2016 13:51
Last Modified: 27 Apr 2016 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20501

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum