PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

DEDE NURAENI, NIM. 12220053 (2016) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12220053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MAN MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12220053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (741kB)

Abstract

Latar belakang penyusunan penelitian ini adalah banyak siswa yang sangat sulit sekali menerima mata pelajaran, baik pelajaran membaca, menulis serta berhitung. Sedangkan penelitian dilakukan terhadap siswa kelas X yang mengalami kesulitan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentukbentuk peran yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di kelas X pada tahun ajaran 2015/2016 di MAN Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan di MAN Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah Siswa Kelas X dan Guru Bimbingan dan Konseling. Sedangkan obyek penelitian adalah peran guru Bimbingan dan Konseling. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat bentuk-bentuk peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar siswa sebagai berikut. Pertama, sebagai fasilitator yaitu memberikan kemudahan fasilitas kepada siswa dengan sarana dan prasarana BK dalam mengarahkan, mendidik, menjelaskan dengan menjadi pendengar aktif siswa. Kedua, sebagai motivator yaitu memberikan pengarahan dalam memotivasi semangat belajar kepada siswa. Ketiga, sebagai mediator yaitu memberikan layanan dalam mengadakan mediasi dan kerjasama antara siswa dengan guru mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abror Sodik, M. Si
Uncontrolled Keywords: Peran Guru BK dan Kesulitan Belajar.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Apr 2016 14:42
Last Modified: 27 Apr 2016 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20508

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum