EFEKTIVITAS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD N JUMENENG, SUMBERADI, MLATI, SLEMAN

FITRIATUN SOLIKHAH, NIM. 12220054 (2016) EFEKTIVITAS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD N JUMENENG, SUMBERADI, MLATI, SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD N JUMENENG, SUMBERADI, MLATI, SLEMAN)
12220054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD N JUMENENG, SUMBERADI, MLATI, SLEMAN)
12220054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengurangi perilaku terhadap anak yang kecanduan game online. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang tergabung dalam kelompok eksperimen. 12 siswa tersebut terdiri dari 2 anak kelas IV, 2 anak kelas V dan 2 anak kelas VI, yang dibagi menjadi 2 golongan yaitu golongan dengan kategori sedang dalam bermain game online yang terdiri dari 6 siswa dan golongan dengan kategori kecanduan game online yang terdiri dari 6 siswa. Karakteristik subjek diantaranya : (1) Individu yang berusian 10 tahun sampai 13 tahun yaitu siswa kelas IV, V dan VI SD N Jumeneng, (2) siswa yang memiliki nilai 4 dan 5 dari angket pertimbangan subjek, (3) bersedia menjadi responden atau subjek penelitian ini. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy selama 3 kali pertemuan dan setiap pertemuan 120 menit yang dibagi menjadi 3 sesi. Desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala kecanduan game online yang disusun oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan teknik Wilcoxon Signed Ranks untuk menguji beda skor dari dua sampel yang berpasangan yaitu data pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen. Hasil Wilcoxon Signed Ranks menunjukkan bahwa pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy efektif untuk mengurangi kecanduan game online. Keduanya memiliki nilai Z dan P yang sama yaitu z= -2,201 dan p= 0,028.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Casmini, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy, Kecanduan Game Online
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Apr 2016 09:23
Last Modified: 28 Apr 2016 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20509

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum