STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA ASPEK KOGNITIF ANTARA SISWA KELAS XI MIA, IIS DAN AGAMA MAN 1 SURAKARTA 2015/2016

RIFA’ATUL, NIM. MAHMUDAH (2016) STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA ASPEK KOGNITIF ANTARA SISWA KELAS XI MIA, IIS DAN AGAMA MAN 1 SURAKARTA 2015/2016. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA ASPEK KOGNITIF ANTARA SISWA KELAS XI MIA, IIS DAN AGAMA MAN 1 SURAKARTA 2015/2016)
1420410186_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARATIF PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA ASPEK KOGNITIF ANTARA SISWA KELAS XI MIA, IIS DAN AGAMA MAN 1 SURAKARTA 2015/2016)
1420410186_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rifa’atul Mahmudah, Studi Komparatif Prestasi Belajar Bahasa Arab pada Aspek Kognitif Antara Siswa Kelas XI MIA, IIS dan Agama MAN 1 Surakarta 2015/2016. Tesis: Program Pasca Sarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilatar belakangi adanya asumsi dan tanggapan di lapangan bahwasannya peserta didik jurusan agama lebih unggul dalam materi pembelajaran bahasa Arab baik dari segi ranah kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar peserta didik pada dimensi kognitif antara siswa kelas XI MIA, IIS dan Agama MAN 1 Surakarta 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi perbandingan (Comparative Study) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI, sampel yang digunakan adaah 25% dari jumlsh populasi yaitu sejumlah 104 kemudian dibagi menjadi 3 kelompok setiap kelompok diambil secara acak, didapatlah 35 siswa kelas MIA, 35 siswa IIS dan 34 siswa agama. Hasil penelitian menunjukan : 1) prestasi belajar bahasa Arab pada dimensi kognitif kelas MIA memperoleh rata-rata sebesar 79,65 berada pada interval 78 – 88. dan masuk ke dalam ketegori tinggi dengan presentasi sebesar 28,5% . Prestasi belajar bahasa Arab pada dimensi kognitif kelas IIS mendapat rata-rata sebesar 74,85 berada pada interval 67 – 77 dan masuk ke dalam ketegori cukup dengan presentase sebesar 34,28%. Prestasi belajar bahasa Arab pada dimensi kognitif siswa agama memperoleh sebesar 81,29 berada pada interval 82- 90 dengan presentase sebesar 41,17%. 2) Dalam uji hipotesis diperoleh Fhitung sebesar 2,619, sedangkan Ftabel pada signifikansi 5% sebesar 3,94 dan pada signifikansi 1% sebesar 6,90. Karena nilai Fhitung (2,619) jauh lebih kecil dari Ftabel baik pada taraf signifikansi 1% = 6,90 maupun 5% = 3,94 yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar bahasa Arab yang signifikan antara siswa kelas XI MIA, IIS dan Agama. Hasil yang sama juga didapat dengan menggunakan nilai probabilitas atau signifikansi. Nilai probabilitas atau signifikansinya yang diperoleh sebesar 0,078 adalah lebih besar dari 0,05, dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar bahasa Arab yang signifikan antara siswa kelas XI MIA, IIS dan Agama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sukamta, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Bahasa Arab, Dimensi Kognitf
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2016 11:36
Last Modified: 28 Apr 2016 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20517

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum