PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (STUDI KASUS DI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA DAN SMP ISLAM TERPADU MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)

TRI PUJIATI, NIM. 1420410191 (2016) PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (STUDI KASUS DI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA DAN SMP ISLAM TERPADU MASJID SYUHADA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (STUDI KASUS DI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA DAN SMP ISLAM TERPADU MASJID SYUHADA YOGYAKARTA))
1420410191_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM BAHASA ARAB SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (STUDI KASUS DI SMP ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA DAN SMP ISLAM TERPADU MASJID SYUHADA YOGYAKARTA))
1420410191_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tri Pujiati, Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu: Studi Kasus di SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta dan SMP Islam Terpadu Masjid Syuhada Yogyakarta, TESIS, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis untuk mengkaji secara mendalam pengembangan kurikulum bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) karena mata pelajaran tersebut menjadi salah satu ciri khas SMP IT. Sehingga, pengembangan kurikulum yang berjalan secara komprehensif akan berpengaruh terhadap efektifitas proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) hingga evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melacak pengembangan kurikulum bahasa Arab SMP IT yang penyusunan, implementasi, dan evaluasi kurikulum. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan kurikulum Hilda Taba. Teori kurikulum merupakan kerangka teoritisnormatif untuk melihat pengembangan kurikulum bahasa Arab di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dan SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah studi kasus melalui pendekatan komparatif-deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah metode deskriptif-interpretatif melalui langkah-langkah siklus interaktif yang komponennya meliputi reduksi data, sajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan: Pertama, proses pengembangan kurikulum bahasa Arab di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta bersifat terstruktur dilakukan oleh tim pengembang kurikulum bahasa Arab. Kedua, implementasi kurikulum bahasa Arab SMP IT Abu Bakar Yogyakarta tertuang dalam RPP dan silabus. Ketiga, evaluasi kurikulum bahasa Arab di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dilaksanakan oleh tim pengembang kurikulum dengan melibatkan guru mata pelajaran bahasa Arab. Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pengembangan kurikulum, diantaranya kompetensi peserta didik, kondisi geografis, minat belajar bahasa Arab peserta didik, dan sarana prasarana yang belum memadai. Adapun, pengembangan kurikulum bahasa Arab di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta: Pertama, proses pengembangan kurikulum bahasa Arab di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta berlangsung sederhana dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab. Kedua, implementasi kurikulum bahasa Arab tertuang dalam bentuk RPP dan silabus dengan alokasi waktu tiga jam pertemuan dalam seminggu. Ketiga, evaluasi kurikulum bahasa Arab di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta dilaksanakan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab. Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pengembangan kurikulum bahasa Arab di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta adalah tidak adanya tim pengembang kurikulum bahasa Arab, kompetensi peserta didik, dan sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2016 11:40
Last Modified: 28 Apr 2016 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum