PROBLEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA NON MUSLIM KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 6 KOTA BENGKULU (ANALISIS TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT BANDURA)

DINA YUNIATI, NIM. 1420410213 (2016) PROBLEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA NON MUSLIM KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 6 KOTA BENGKULU (ANALISIS TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT BANDURA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA NON MUSLIM KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 6 KOTA BENGKULU (ANALISIS TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT BANDURA))
1420410213_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PROBLEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA NON MUSLIM KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 6 KOTA BENGKULU (ANALISIS TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT BANDURA))
1420410213_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dina Yuniati, NIM. 14.204.102.13, “Problem Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Non Muslim Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Bengkulu (Analisis Teori Kognitif Sosial Albert Bandura)”, Tesis, (Yogyakarta, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, 2016). Mata pelajaran bahasa Arab tidak hanya diajarkan di Madrasah-madrasah saja, akan tetapi juga diajarkan pada beberapa Sekolah Menengah Umum di Indonesia. Siswa non muslim yang belajar bahasa Arab di Sekolah Menengah Umum memiliki berbagai macam kendala baik linguistik ataupun nonlingusitik. Dan secara umum telah banyak teori-teori pembelajaran dikemukakan oleh para ahli untuk meminimalisir kendala-kendala dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab siswa non muslim berdasarkan teori kognitif sosial, mengetahui faktor-faktor penyebab siswa nomuslim tidak kompetetif dalam belajar bahasa Arab. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang dirancang untuk mengumpulkan data dan informasi secara mendalam tentang siswa non muslim yang belajar bahasa Arab di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Informan adalah semua siswa non muslim yang belajar bahasa Arab di kelas XI lalu diperkuat dengan keterangan informan dari beberapa siswa muslim yang sekelas serta informan dari seluruh guru bahasa Arab yang mengajar di kelas XI dan wakil kepala bidang kurikulum. Dengan motode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian berdasarkan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran bahasa Arab berdasarkan kognitif sosial membutuhkan modeling. Untuk kemudian diamati, retensi, produksi dan menjadi tindakan baru. Kemudian membutuhkan proses pengaturan diri yaitu pengamatan diri, penilaian diri dan reaksi diri (2) Penyebab siswa non muslim tidak kompetetif dalam pembelajaran bahasa Arab yakni bahan ajar yang kurang menarik; Guru bahasa Arab belum menjadi sumber yang relevan dalam pembelajaran; Laboratorium bahasa tidak digunakan secara efektif dalam pembelajaran bahasa Arab; Siswa non muslim belum dikenalkan secara menyeluruh tentang huruf-huruf hijaiyyah; Kurangnya motivasi siswa non muslim untuk belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Siswa non muslim, Pembelajaran bahasa Arab, teori kognitif sosial Albert Bandura
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2016 13:44
Last Modified: 28 Apr 2016 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum