PENGARUH PLACEMENT TEST DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP SCORE IKLA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016

MUBAROKAH, NIM. 1420410215 (2016) PENGARUH PLACEMENT TEST DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP SCORE IKLA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PLACEMENT TEST DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP SCORE IKLA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016)
1420410215_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PLACEMENT TEST DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP SCORE IKLA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2015/2016)
1420410215_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

MUBAROKAH, Pengaruh Placement Test dan Prestasi Belajar Bahasa Arab terhadap Score IKLA Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2015/2016. Tesis: Program Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini berangkat dari banyaknya mahasiswa yang memiliki masalah belum tercapainya Score IKLA sebagai syarat munaqosyah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil Placement Test, Prestasi Belajar Bahasa Arab dan Score IKLA (2) mengetahui pengaruh Placement Test terhadap Score IKLA (3) mengetahui pengaruh Prestasi Belajar Bahasa Arab terhadap Score IKLA (4) mengetahui pengaruh Placement Test dan Prestasi Belajar Bahasa Arab secara bersama-sama terhadap Score IKLA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode analisis diskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun akademik 201/2016. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, teknik tes, teknik uji prasyarat analisis dan teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) diperoleh rata-rata nilai Placement Test sebesar 52,90 kategori kurang, Prestasi Bahasa Arab sebesar 75,67 kategori sangat tinggi dan IKLA sebesar 66,57 kategori cukup (2) ada pengaruh signifikan Placement Test terhadap score IKLA ditunjukan dengan nilai koefisien determinasi (R2) 0,214 atau sebesar 21,4% dengan uji signifikansi sebesar 0,000, nilai konstanta sebesar 41,150, sehingga Y = 41,150 + 0,480X. Artinya, setiap penambahan 1 unit variabel Placement tes akan meningkatkan variabel Score IKLA sebesar 0,480(3) ada pengaruh signifikan Prestasi Bahasa Arab terhadap score IKLA ditunjukan dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,033 atau 0,33%, nilai konstanta sebesar 55,756, sehingga Y = 55,756 + 0,143X. Artinya, setiap penambahan 1 unit variabel Prestasi Belajar Bahasa Arab akan meningkatkan variabel Score IKLA sebesar 0,480 (4) ada pengaruh signifikan secara bersama-sama Placement Test dan Prestasi Belajar Bahasa Arab terhadap score IKLA ditunjukan dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,214 atau 21,4%, nilai Fregresi sebesar 24,991 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, nilai konstanta sebesar 41,505, nilai koefisien Placement Tes sebesar 0,485, dan Prestasi Belajar Bahasa Arab sebesar 0,008 sehingga adalah Y = 41,150 + 0,485 + -0,008. Artinya, Artinya, setiap penambahan 1 unit variabel Placement tes akan meningkatkan variabel Score IKLA sebesar 0,485 varibel lain nilainya tetap, dan setiap penambahan 1 unit variabel Prestasi Belajar Bahsa Arab akan meningkatkan variabel Score IKLA sebesar -0,008 dengan asumsi varibel lain nilainya tetap.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Tes, Bahasa Arab, Mahasiswa
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2016 13:46
Last Modified: 28 Apr 2016 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20523

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum