MODEL BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI KEGIATAN HIZBUL WATHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA SLB MUHAMMADIYAH PURWOREJO

SLAMET SPD, NIM. 1420411023 (2016) MODEL BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI KEGIATAN HIZBUL WATHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA SLB MUHAMMADIYAH PURWOREJO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI KEGIATAN HIZBUL WATHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA SLB MUHAMMADIYAH PURWOREJO)
1420411023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODEL BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI KEGIATAN HIZBUL WATHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA SLB MUHAMMADIYAH PURWOREJO)
1420411023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Slamet,S.Pd: Model Bimbingan Kelompok Melalui Kegiatan Hizbul Wathan Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa SLB Muhammadiyah Purworejo.Tesis.Yogyakarta:Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016 Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan : 1) Bagaimanakah upaya Guru BK dalam meningkatkan kemandirian siswa di SLB Muhammadiyah Purworejo; 2) Hasil apa yang dicapai Guru BK dalam meningkatkan kemandirian siswa di SLB Muhammadiyah Purworejo; 3) Apa faktor pendukung dan penghambat terhadap peningkatan kemandirian siswa di SLB Muhammadiyah Purworejo Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan disiplin ilmu pendidikan.Sumber datanya adalah Kepala Sekolah,Wakil Kepala Sekolah dan Pembina Hizbul Wathan.Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data dengan menggunakan analysis interactive models dari Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menyimpulkan : 1) Implementasi Pembelajaran nilai nilai kemandirian dalam kegiatan Hizbul Wathan meliputi: a) Visi pengembangan pembelajaran nilai nilai kemandirian dalam kegiatan Hizbul Wathan dapat dicermati dari pemikiran serta ide pengelola lembaga persyarikatan yaitu dengan mengembangkan Undang Undang Pandu Hizbul Wathan yang dijabarkan dalam ilahiyah dan insaniyah. b) Bentuk bentuk pembelajaran nilai nilai kemandirian dalam ekstrakurikuler Hizbul Wathan : upacara pembukaan dan doa bersama, menyanyikan lagu islami serta sholat Asyar berjamaah. Sedang untuk nilai ilahiyah meliputi doa bersama, salat berjamaah, Tadarus Al-Quran, Tazkiyah. Pembelajaran nilai insaniyah yaitu Bakti sosial, reboisasi, pembersihan lokasi perkemahan dan kuliah subuh. 2) Implementasi praktis pembelajaran nilai nilai kemandirian meliputi: a) implementasi dalam ekstrakurikuler Hizbul Wathan mencakup: perencanaan dengan menyusun jadwal latihan, pelaksanaanya pada hari Kamis, selepas kegiatan belajar mengajar. Tepatnya pada pukul 14.00-15.00 WIB dan evaluasi dengan wawancara (lisan) dan observasi, b) implementasi dalam program kegiatan , mencakup perencanaan dengan musyawarah membahas sasaran dan tujuan pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan mengacu jadwal yang dibuat serta pembagian tugas panitia maupun Pembina Hizbul Wathan dan evaluasi dilakukan dengan diskusi untuk menilai kegiatan berhasil atau tidak .

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sumedi M.Ag
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2016 14:24
Last Modified: 28 Apr 2016 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20527

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum